Jatim Park 2 dan Pohon Inn

Setelah tertunda sebulan, akhirnya ini posting jadi juga. Fhew....

Meski asal Malang, kami sama sekali belum pernah wisata keluarga ke Batu. Sekali-kalinya ke Batu sama Fath ya waktu masih pacaran dulu. Itu juga sekedar makan indomie berdua ahak ahak. Lagian saban mudik Idul Fitri, itu kendaraan ke arah Batu banyak bener. Naga aja nggak sepanjang itu :(

Itung-itung merayakan ultah Ankaa (Oktober) dan anniversary kami yang keenam (Desember), yuk mari ke Jatim Park 2 (JP2) sekalian nginep di Pohon Inn (PI). Sengaja milih nginep di hotel karena Ankaa penasaran tentang gimana sih nginep di hotel itu? Trus denger punya denger, kebun binatang di JP2 bagus. Lokasinya juga deket ke JP1 dan Batu Night Spectacular, in case kami mau jalan-jalan malam.

Kami pilih kamar yang paling murah, tipe Superior (440k per malam). Pesen dari sebulan sebelumnya dan diminta bayar deposit 50%. Petugas reservasinya helpful dan sempat beberapa kali nelpon balik buat mengkonfirmasi.





JP2 buka jam 10 pagi. Kami beli tiket terusan (60k per person) biar bisa masuk ke Museum Satwa (MS) dan Batu Secret Zoo (BSZ) sekalian. Sebenernya ada wahana baru, Eco Green Park (40k per person). Tapi nggak dulu deh, kayanya waktunya juga ga cukup. Lagian berhubung masih baru, EGP ini nggak masuk dalam tiket terusan :(

Fath ngeyel mau menggembol ranselnya yang segede gaban. Udah dibilang titipin aja ke resepsionis, eh ga mau. Giliran check in jam 2 siang, malah mbak resepsionisnya nyaranin nitip aja. Hua ha ha ha.....makanya istri ini biar kece, mbok ya didenger :D

Wahana pertama yang dituju adalah MS. Isinya ya diorama binatang yang diperankan oleh awetan satwa. Pas masuk, kayanya kecil neh. Tapi ternyata ruangannya dibikin kaya labirin berliku-liku. Awal masuk ada dinosaurus. Setelah itu serangga, ikan, dll dll dll. Sampe sapi juga ada. Yang saya paling suka tuh diorama kutub. Kapan lagi ngelihat beruang kutub gitu :D Lightingnya juga disesuaikan dengan tema, jadi ada yang temaram gitu.


Apesnya, pas baru masuk, Ankaa minta pipis. Saya bawa Ankaa ke pintu masuk, maksudnya minta izin lewat trus ngajak Ankaa pipis di restoran hotel atau mana lah yang deket. Tapi petugasnya menolak dan memberitahu kalo toilet ada deket diorama sapi. Larilah saya nyari si sapi ini di mana. Dan ternyataaa.....itu toilet baru saya temukan setelah kurleb limabelas menit jalan cepat kebingungan. Rasanya seperti Minotaur deh :( Tolong ya manajemen JP2, itu petunjuk toiletnya diperbanyak. Dan kalo bisa, lokasi toiletnya diperbanyak juga. Saya nyasar ke beberapa ruangan, nanya sana sini, sebelum akhirnya melihat tulisan TOILET. Untungnya toiletnya bersih dan kering.


 



Dan coba yaaa.....waktu besoknya saya jalan-jalan pagi, ada loh toilet di sisi kanan pintu masuk. Iya sih harus disiplin keluar ya lewat pintu keluar. Untung Ankaa masih bisa nahan. Lha kalo ngompol di tengah museum saat saya lari-lari, kan repot juga. Secara itu toilet lebih deket ke pintu keluar :(

Oia jadi inget mau komen tentang salah satu diorama di MS. Itu di bagian depan, ada awetan buaya lagi  nongkrong sambil ngerokok pake pipa, berkacamata hitam, bawa hape, maksudnya apa ya? Pake kalung granat dan bertato hati pulak. Buaya darat kah? IMNSHO, kayanya kok agak nggak pantes untuk tempat wisata keluarga. 

Habis dari MS, kami makan siang kilat (beli roti bakar dan hotdog di kios sekitaran MS), trus check in. Ternyata belum bisa masuk kamar (karena belum jam dua). Yo wes, nitip barang dan masuk ke BSZ deh.

BSZ ini bersih, semacam zoo dalam ruangan. Di pintu masuk, sudah terpampang peraturan untuk pengunjung. Dan selalu, peraturan ada untuk dilanggar, yes? Lagi jalan, kok bau asep ya? Ndilalah ada yang ngerokok :( Tolong yaaa, baru berapa meter dari pintu masuk. Dan kayanya petugas BSZ nya entah sungkan entah nggak tahu, nggak negur juga. Mungkin lain kali, itu rokok dikunci dulu dan baru bisa dibuka di pintu keluar. Ga enak bo, lagi lihat-lihat, eh harus tutup hidung bukan karena bau pup si binatang tapi karena ada orang buta aksara lagi ngerokok.

Yak, cukup sudah untuk omelan tentang rokoknya. Lagian mudiknya ke Malang, kota tempat entah berapa industri rokok (besar dan rumahan). What can I say? Semua balik lagi ke individunya.

Di BSZ, ada beberapa binatang yang dikandangin bersama. Mungkin karena ga saling membahayakan. IMHO, ini bagus. Saya jadi bisa mengenalkan tentang simbiosis pada Ankaa :D

Awal masuk di BSZ kan di area semi-outdoor. Trus bisa lanjut ke indoor yang isinya hewan air. Ankaa seneng banget lihat ada poster Nemo segede gaban. Yep, dia suka Nemo tapi nggak pernah mau nonton sampe tuntas karena selalu nangis saat adegan Nemo (pura-pura) mati.

Di BSZ, ada beberapa layar sentuh berisi informasi dan potongan film aneka binatang sesuai tema areanya.  




Habis di area ikan, kami memutuskan balik ke hotel. Ankaa udah capek dan hujan pula. Daripada tertahan di dalam BSZ kan mending leyeh-leyeh di kamar. Toh udah waktunya check in.

Masuk kamar, kok yaa capeknya si bocah ilang. Itu segala barang yang ada, dicek satu demi satu. Sayang lemarinya ga bisa dibuka, kayanya lagi rusak ato gimana gitu. Menurut petugas PI, lemarinya emang lagi agak masalah.

Kami dapat kamar dengan view kota Batu. Di depan teras, ada semacam rongga yang tembus keluar. Saya coba panjat dan sebenernya kalo nekat, bisa kok turun lewat situ dan mendarat persis di area depan hotel.

Kayanya sih, kalo booking kamar tipe Deluxe (550k) atau Executive (990k), bisa dapat view  ke arah BSZ. Enak kali ya malam-malam ngelihat harimau dll :D

Buat makan, kami nyoba ke Resto Jungle Fastfood. Berhubung belum jam makan, resto sepiii banget. Cuma kami aja yang datang. Kalo menurut jadwal, harusnya di jam kami makan tuh ada atraksi dalam resto, tapi karena lagi sepi, ya atraksi ditiadakan. Alasan pegawainya, itu atraksi butuh daya listrik gede. Hemat listrik gitu :D Ya sud gpp deh, yang penting makan dulu sambil ngelihat leopard dan rusa (restonya di sisi dalam kandang leopard dan rusa).

Niat semula, kami mau ke BNS. Sayang harus batal karena hujan superderas sejak sore. Ya akhirnya menghabiskan malam dengan ngendon di kamar. Ankaa tidur cepet karena sudah kecapean (hari sebelumnya dolan ke Selekta). Saya dan Fath pun putar otak karena ini kali pertama Ankaa tidur di bed ukuran kecil. Lha dia kan tidurnya lasak, di bed gede aja bisa nggelundung.

Awalnya Ankaa saya suruh pake selimut, minimal badannya tertahan selimut. Eh malah dia nggak bisa tidur karena kepanasan (padahal AC dah dinyalain dan di luar sedang hujan). Akhirnya Fath berinisiatif naroh bantal sofa di antara dua bed. Minimal kalo dia jatoh ke sisi kiri, masih ada bantal dan kalo jatoh ke sisi kanan, ada sofa. Tapi Fath masih nggak tenang. Akhirnya dia nggeser kursi panjang dan diposisikan di antara dua bed dan dilapisi bantal sofa. Gara-gara kejadian ini, saya jadi agak kuatir kalo suatu saat Ankaa kos dan dapatnya bed kecil. Apa nggak benjut-benjut ni bocah yak?

Oia, dilarang nurunin kasur yah, ada denda 200k. Extra bed 220rb.

Besok paginya, kami jalan pagi sampe ke EGP. Rada heran juga karena gerbangnya terbuka. Kalo melipir pelan-pelan, bisa masuk kali ya he he he. Tapi Ankaa malah minta ngelihatin katak yang lagi berjemur di kolam. Dasar bocah kota, nggak pernah lihat katak :D

Waktu sarapan, atraksi di resto dimulai. Ternyata atraksinya itu berupa tiruan kondisi hutan dan (sebagian) area makan yang berputar. Sarapannya lumayan enak. Sayang smoking area nggak dipisah (nah lo, masih ngomel perkara rokok lagi).

Habis sarapan, kami packing trus turun ke lobi. Niatnya mau ngelanjutin BSZ. Khusus bagi tamu hotel, bisa masuk lagi asal minta stempel ke resepsionis dan gelang terusannya jangan dicopot. Lumayan juga, bayar 60k bisa buat dua hari :D






Berhubung udah puas dengan bagian awal BSZ, kami langsung ke area Afrika dan lanjut ke tempat bermain anak. Ada kids pool yang sejak sebelumnya sudah diincer Ankaa. Kirain kolamnya bisa dipake berenang, ternyata cetek banget. Ya sekedar biar anak bisa main air aja. Ankaa sampe bilang kalo kolamnya nggak seru he he he.

Setelah si bocah puas main air, lanjut ke area permainan. Sebagian wahananya gratis kok. Fath pengen ngajak Ankaa main bom bom car tapi si petugas nggak merekomendasikan karena Ankaa terlalu mungil. Takut cedera gitu...Wah baru sekali ini loh ada petugas tempat rekreasi yang perhatian soal ini :D Makasih banget.

Sebagai gantinya kami naik...Flying Dumbo he he he. Aseli masa kecil kurang bahagia. Trus Fath nyoba main bola (adu tendangan bebas) dengan membayar 2k sajah. Dan suami saya yang ngakunya striker hebat itu cuma sekali berhasil mengenai sasaran ha ha ha.

 Untung hari sebelumnya udah ke BSZ, jadi nyampe di tempat-tempat permainan tuh masih sepi. Lha yang main cuma Ankaa sendirian :D

Selanjutnya Ankaa naik wahana kuda-kudaan yang mengelilingi kandang kuda poni. Pas nyampe di situ, sebenernya petugasnya lagi nggak di tempat. Untung ada petugas kebersihan yang membantu mencari si petugas wahana.

Keluar BSZ, pas udah menjelang Dhuhur dan waktu check out. Habis shalat, langsung deh pulang. Niatnya sih kalo mudik ke Malang lagi mau ke sini lagi karena ada banyak wahana yang belum dijelajahi dan masih penasaran ama BNS.

Plus nya JP2 dan PI:
  • Ada shuttle bus ke JP 1 (gratis).
  • Kalo nginep di PI, bisa gratis masuk dengan minta stempel, asal gelang tiket nggak dicopot.
  • Lokasi cukup bersih. Biasanya kan tempat rekreasi identik dengan ceceran sampah :D
  • Parkiran cukup luas.
  • Makanannya acceptable dan cukup variatif, baik yang di resto maupun di kios. Nggak sampe yang bikin melotot karena saking mahalnya dan nggak bikin senewen karena rasanya. Habis beberapa kali ke tempat rekreasi, entah harganya atau rasanya atau dua-duanya bikin melotot :D
  • PKL suvenir ditata rapi di tenda-tenda. Jadi nggak bertebaran atau seliweran. Toko suvenir JP2 sendiri lumayan lengkap dan harganya masih masuk akal. 
  • Di BSZ sendiri, kalo ogah jalan kaki, bisa sewa sepeda listrik (lupa harganya).

Minusnya JP2 dan PI:
  • Aturan larangan merokok kurang tegas. 
  • Tempat shalatnya jauuuuuh dan untuk menuju mushalla, harus lewat tempat parkir tanpa ada atap. Fath gagal shalat Maghrib di mushalla karena hujan superderas. Mungkin bisa disediakan tempat shalat yang lebih dekat.
  • Lokasi ATM terpisah. Kalo nggak salah, ATM BCA berlokasi paling deket sama lobi hotel. Nah ternyata, ada juga ATM BRI tapi lokasinya lebih ke arah pintu masuk parkir. Ada baiknya dijadiin satu.


Comments

Popular posts from this blog

iwan fals di minggu pagi

Dear Manajemen Plaza Bintaro Jaya,

RS Melati Husada