Monday, May 06, 2013

Jalan-Jalan Mandiri

Namanya udah emak-emak, sekarang isi blog ini pun melulu tentang anak.

Di TK Ankaa, orangtua cuma boleh mendampingi anak maksimal dua pekan pertama sekolah. Alhamdulillah waktu hari ketiga Ankaa udah bisa ditinggal, thanks to all the teachers. Nah waktu karyawisata pun ortu ga boleh ikut.

Waktu pertamakali Ankaa ikut karyawisata, ke Ragunan, hadeh itu persiapannya ngalahin buat mudik. Pertama kalinya Ankaa bakal jalan-jalan tanpa kami dampingi, cuma sama guru dan teman-teman. Jujur, saya sempat kuatir gimana kalo dia kebelet pipis trus ga berani ngomong. Gimana kalo ga nemu toilet bersih, coz berdasarkan pengalaman, toilet Ragunan yang acceptable tuh di di Schmutzer aja. Gimana kalo waktunya makan, ga ada air dan sabun buat cuci tangan. Gimana kalo somehow, Ankaa ga fokus dan terpisah dari rombongan, or worse (naudzubillah min dzalik) ada yang "nggandeng".

Parnoan ya? Emang.

Waktu itu, saya bela-belain menjahit wadah minum bertali karena siswa diminta membawa air dalam botol bertali. Nyiapin baju ganti komplit, antiseptik buat pengganti cuci tangan, tisu kering, tisu basah, snack, mini skotel, jus kotak a.k.a buavita, roti dll. Pokoke komplit. Ankaa sampe komplen karena backpacknya penuh.

Daaan waktu dia pulang, bekalnya malah ga kemakan karena ada snack dan makan siang dari sekolah ha ha ha. Gurunya pun dibagi sedemikian rupa jadi setiap guru mengawasi maksimal lima murid. Aman deh.

Buat acara karyawisata berikutnya, ke Mekarsari, saya sudah lebih nyantai. Tapi bekalnya tetap banyak karena ada acara berbasah-basahan dan berlumpur-lumpuran.

Minggu depan, Ankaa bakal melakoni karyawisata terakhir di tahun ajaran ini. Tujuannya deket, ke planetarium. Fath malah sempat mikir mau nyamperin, secara dari kantor tinggal naik kopaja sekali. Tapi kayanya ga jadi, habis kan itu acara sekolah. Kapan-kapan aja kami ke planetarium lagi dan semoga ga tutup.

Melihat Ankaa begitu bersemangat ikut karyawisata dan sama sekali nggak merengek minta ditemani, membuat saya sadar bahwa my lil baby girl sudah tumbuh besar. She grows before my eyes, and sometimes I just don't realize.

Tapi melihat kadar keparnoan saya, kayanya saya bakal nganter Ankaa ke mana-mana sampe dia merit deh :D

No comments: