Pasar Modern Bintaro

My not-so-new fav place :D

Saya tuh malas belanja sering-sering. Kebutuhan bulanan ya dibeli sebulan sekali, biar ga tengah bulan harus beli beras. Tapi kalo kebutuhan harian maca sayur atau ikan, ga mungkin lah dibeli sebulan sekali. Busuk nanti.

Berhubung protein (daging, ayam, ikan, tahu, tempe dll) bisa disimpen dalam freezer, saya lebih suka belanja seminggu sekali. Sebelum belanja, bikin perencanaan menu seminggu, trus ditulis deh butuh apa aja. Seringnya sih, saya nggak taat sama perencanaan itu, tapi improvisasi berdasarkan apa yang sudah dibeli.

Sebelum PasMod Bintaro dibuka, ada Pasar Ceger yang duluan dibuka. Cuma entah kenapa, sampe detik ini saya ga pernah ke sana. Padahal ya tinggal naik angkot sekejap mata. Tetep saya lebih memilih ke tukang sayur.

Nah begitu si PasMod dibuka, saya mampir karena lokasinya yang memang bersebelahan dengan pasar kaget akhir pekan a.k.a weekend bazaar. Dan saya sukaaa....

Lokasinya bersih. Meski ga terlalu luas, tapi pasarnya adem karena beratap dan pencahayaannya terang. Petugas kebersihannya juga lumayan sigap. Hampir ga pernah saya lihat sampah berceceran atau air menggenang.

Kalo soal barang yang dijual, saya suka karena barangnya segar. Mereka menyediakan tempat pemotongan unggas di sebelah pasar. Jadi kayanya ayam selalu dapat segar deh. Daging juga bagus. Daging kambing juga ada, sesuatu yang kadang susah dicari :D Ikannya juga banyak macamnya. Mau teri atau salmon, mau kembung atau rajungan, hayu. Sayur juga komplit. Ibu saya sampe pernah heran lihat ada pucuk pakis di kios sayur langganan saya. Dan di sini saya nemu menjes lo. Tahu tempe menjes? Ga tau? Tanya sama orang Malang yak...:D Dua rebu dapat tiga bungkus, lumayan sekedar pemuas rindu hihihi


Soal harga, sebenarnya sama aja ya dengan tukang sayur. Kalau pun selisih, ga banyak. Malah beberapa item lebih murah ketimbang tukang sayur, lebih segar, dan lebih variatif. Tapi seringnya di sini saya cuma beli bahan protein aja, macam ayam atau ikan-ikanan. Kalo sayur segar, saya lebih memilih tukang sayur. Bukannya kenapa, kulkas ga muat dan beberapa jenis sayur ga bisa disimpen lama kan?

Puas belanja, yuk makan. Cobain ke Pecel Pincuk Bu Ida (pernah dikupas di Kompas Minggu). Enyak :D Anehnya, saya malah ga pernah pesen pecel. . Tahu pecelnya enak karena nodong punya Fath atau ibu saya. Saya malah pesen....rujak cingur! Yang jual sampe heran, kok ada yang sarapan rujak cingur pake cabe dua :D Namanya juga tombo kangen Mas..:D Yang nyesek, mendol-nya mihil. Dua rebu aja gitu. Mending duitnya kasih saya, trus beli tempe dan bikin mendol sendiri deh :D Rawonnya acceptable dan dagingnya melimpah, jamu beras kencur dan kunyit asamnya enak. Saya masih penasaran ama lodeh dan urap-nya. Bumbu pecelnya juga bisa dibeli terpisah, kalo ga salah Rp40 rebu per bungkus. Boleh nyicip dulu, mau varian yang mana.

Persis di sebelah Bu Ida, ada Soto Pak Ace. Soto campurnya enyak. Yang punya kolesterol ati-ati yah. Full jeroan dan santan :D Waktu itu Ankaa makan soto daging bening dan habis bis.

Banyak sih tempat makan lain, tinggal diputerin aja :D Pernah lagi Haikal nyoba empal gentong dan katanya enak. Ada lagi yang kayanya gabungan dari banyak pedagang makanan deh, jadi jualannya nano-nano. Mulai dari soto lamongan sampe gado-gado betawi. Saya pernah coba gado-gado dan rujak manisnya, lumayan. Meski mungkin saking ramenya, si mas lupa saya pesen gado-gado tanpa cabe dan rujak cabe dua. Jadilah Ankaa kepedesan dan saya ngerasa hampa tanpa cabe.

Yang kurang enaknya, parkir motor. Kalo mau yang teduh, ya parkir di BTC. Tapi harus jalan, meski ga jauh. Kalo mau deket banget sama pasar, ya parkir di lahan ex-weekend bazaar. Kalo abis hujan, licin banget. Lokasi parkir mobil juga sebenarnya sami mawon. Antara di halaman pasar, BTC, atau ya di lahan ex-weekend bazaar itu.

Kesukaannya Ankaa di sini? Tak lain tak bukan los daging babi. Heran, demen banget dah nunjuk sambil teriak kenceng-kenceng: Bi, itu daging babi ya? Kan ga enak sama yang jual :P

Comments

Popular posts from this blog

iwan fals di minggu pagi

Dear Manajemen Plaza Bintaro Jaya,

RS Melati Husada