Wednesday, August 07, 2013

Ramadhan 1434 H

Sejauh ini, Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan tercapek tapi juga yang paling berkesan.

Hari Ahad, tiga hari sebelum Ramadhan, Fath ambruk. Awalnya saya kira karena belakangan kecapean. Keluhannya perut sakit, demam, dll. Tapi ya kok pas hari Ahad itu saya ada keperluan penting, ngedampingin temen yang mau syahadat. Harusnya sih bareng sama Fath, tapi karena dia ambruk, ya wes saya pergi sendiri. Baru nyampe rumah jam 11 malam -_-

Hari Senin malam, Alhamdulillah dr. Nahwa mau datang cek kondisi Fath. Diagnosa sementara, tipus :( Tapi karena demam belum tiga hari, belum bisa cek darah. Ya wes Fath izin sakit dari Senin sampe Rabu. FYI, di kantor Fath, kalau pun izin sakit komplit dengan surat keterangan sakit, tunjangan dipotong loh :( Jadi emang harus sehat wal afiat selalu.

Ndilalah hari Selasa, Ankaa ikutan demam langsung 39,5 C. Sampe hari ketiga masih di kisaran 38,7 jadi saya putuskan cek urine. Hasil cek urine Ankaa bagus, ga ada bakteri atau yang lain jadi bukan ISK. Sedangkan hasil cek darah Fath positif paratipus. Ga harus opname cuma wajib kudu harus bedrest.

Hari Sabtu, Fath dan Ankaa mulai pulih. Tapi kok yaa pas Senin, Fath ngantor, Ankaa demam lagi sampe 38,9. Itu semua buku kesehatan anak, semua makalah Pesat, semua summary milis Sehat udah saya bolak balik saking bingungnya ni bocah kenapa. Semua gejala ke arah ISPA, tapi baru sekali ini Ankaa demam batpil sampe seminggu. Kalo DB, kok batuknya ga hilang malah nambah pilek. Kalo tipus kok dia ga ada keluhan perut sakit.

Akhirnya menuruti keresahan hati, saya putuskan cek darah buat Ankaa. Alhamdulillah petugas lab-nya mau datang dan nganterin hasilnya. Dan Alhamdulillah hasilnya bagus. Kata petugas lab, paling ISPA dan, ini bagusnya, dia ga nyaranin kasih AB karena kemungkinan besar ISPA-nya karena virus, yang pastinya ga butuh AB. I lap yu dah mas petugas lab :D Padahal ya itu lab kan jadi satu sama apotek. Kalo mau kan bisa aja dia nyaranin AB segabrek, secara itu bisnisnya dia gitu loh.

Mungkin kombinasi serem habis diambil darah plus keinginan masuk sekolah (Ankaa udah izin tiga hari), batpilnya hilang aja gitu. Hari Kamis Ankaa udah masuk sekolah lagi dan keesokan harinya dia udah puasa Dhuhur.

Belajar tentang tatalaksana demam, RUD, AB, dll itu gampang. Yang sulit adalah tetap tenang, ga panik, dan rasional saat harus mempraktekkan.

Fath jadi bolong puasa empat hari he he he....

Yang bikin dobel teler adalah saat Fath dan Ankaa sakit, saya dipercaya ngedit tesis teman. Rada kaget juga mengingat udah lama banget ga ngedit. Iya sih cuma edit bahasa saja. Tapi ini tesis bo. Saya pan cuma D3 he he he. Udah gitu deadline-nya mepet. Alhamdulillah kelar juga.

Satu hal yang saya sadari di Ramadhan tahun ini adalah ternyata spesies manusia itu berubah ya. Ternyata sekarang bapak-bapak pun bisa haid, nifas, atau menyusui :D

Ceritanya saya pas ada perlu ke Bintaro Plaza. Karena udah waktu Dhuhur dan Ankaa minta buka, saya dan Ankaa ke HokBen. Nah tengah-tengah saya nyuapin Ankaa (dia maunya disuapin pake sumpit, ga mau makan sendiri pake sendok), ada keluarga masuk ke HokBen. Keluarga empat orang, ibu dan putri sulungnya (mungkin umur 12 tahunan) berjilbab dan anak kecilnya mungkin baru tiga tahun.

Melihat itu, pikiran pertama saya adalah si ibu mau nyuapin si kecil, rite? Tapi si ibu bawa nampan HokBen banyak bener? Lah si anak ikut makan. Saya masih mikir, oh anak sekarang pubertas lebih cepat :D Tapi si ibu ikut makan juga. Oh mungkin si ibu punya siklus yang sama dengan anak. Tapi kok bapaknya ikut makan juga ya?

Lucunya lagi, sebelum makan, si anak ABG nyuruh bapaknya pose pegang sumpit dan makan. Habis itu diunggah ke FB :D Si bapak ngomel dan bilang:

Jangan di-upload. Kan masih siang, malu

Lah, di dunia maya malu ketahuan ga puasa kok di dunia nyata nggak ya?

Tapi ya sudah lah, itu urusan mereka.

Tahun ini Alhamdulillah Ankaa hampir full puasa Dhuhur. Sempat sih dia mau puasa Maghrib, tapi jam 13.30 udah menyerah :D Ya sudah, puasa Dhuhur trus lanjut lagi sampe Maghrib. Insyaallah tahun depan sudah bisa sampe Maghrib.

Selamat Idul Fitri semuanya...maaf lahir batin :)

2 comments:

Bunny Cat said...

maaf lahir batin juga (meski telat) dan salam kenal ya

Ni'am said...

salam balik...eh..:D