Basa basi

 Jadi ini kejadian pekan lalu. 


Lagi bawa K kontrol rutin ke RS. Beres ngobrol sama Pakdok, ke kasir, terus ke farmasi buat ambil obat.


Selagi ngantri, tetiba disapa ibu-ibu. Ternyata tetangga sendiri, Bu L. Selama ini ga akrab sama Bu L, sekedar tahu saja meski kami di blok yang sama.


Ngobrol sebentar, dia nanya K kenapa dll dll. Masih pertanyaan wajar. 


Selanjutnya dia nanya gini dong: "Mbak Ni'am, kan kalo menurut dr Zaidul Akbar, anak sakit itu karena orangtuanya punya ulah apa gitu. Mbak Ni'am emang waktu hamil ada salah makan atau bikin ulah?"


FYI, Bu L ini sepantaran gw. 


Gw diam dong. Syukur alhamdulillah mulut ketutup masker karena dia jadi ga bisa lihat mulut gw bilang: "Seriously?"


Gw puter otak mencari cara paling mudah untuk menjelaskan kelainan genetik. Di saat yang sama, gw berusaha menahan mulut untuk ga nylepet. 


Gw jelasin bahwa ini karena mutasi genetik, ga ada hubungannya dengan ina ini inu, dan selama hamil InsyaAllah gw jaga makan dengan baik. 


Semoga dia mengerti. 


Meski sebenarnya gw ingin balik bertanya: "Waktu ibu Bu L hamil, ada bikin ulah atau salah makan kok Ibu jadinya gini?"


Cuma ga jadi. Lagi ada bapaknya Bu L 🤣


Gw antara marah, geli, dan kasihan. Marah karena yah siapa sih yang ga tersinggung ditanya kaya gitu? Dikira ngarep apa punya ABK? 


Geli karena di balik up-to-date nya, smartphone-nya, even circle gaulnya, ternyata Bu L punya pola pikir kaya gitu. 


Dan kasihan lantas maklum. Apa sih yang diharap dari orang yang ngandelin referensi kesehatan dari ZA? 


Gw ga post ini di akun sosmed tempat dia masuk di friend list gw. Dan kalo misalnya dia ga sengaja nemu tulisan ini: hi Bu L, basa basinya basi deh. 

Comments

Popular posts from this blog

iwan fals di minggu pagi

Dear Manajemen Plaza Bintaro Jaya,

RS Melati Husada