Thursday, May 18, 2006

angkutanetiketips

maksudnya etiket kalo lagi naik angkutan umum. setelah tentang alternatifnya, sekarang tentang etiketnya. yah ga komplit seh, tapi moga-moga memadai. makasih win atas storinya kmaren malam.

  1. usahakan jangan cegat angkutan di sembarang tempat. kan ada halte tuh. kalo angkutannya berhenti mendadak, sopir bakal ngerem ngedadak dan penumpang ga nyaman kan? trus bisa jadi menimbulkan "bencana" bagi kendaraan lain di sekitarnya. kalo di sekitar kamu ga ada halte, paling ga kan ada satu titik tempat calon penumpang biasa ngumpul.
  2. NO SMOKING!!!! udara jakarta udah cukup kotor oleh debu dan asap buangan kendaraan yang ga lolos uji emisi tanpa harus ditambah dengan racun nikotin. jadi matikan rokok SEBELUM naik angkutan, tanpa menunggu ada penumpang yang batuk-batuk, tutup hidung, ato tegur langsung macam aku: "Pak Pak, keberatan ga kalo rokoknya dimatiin?"dan kalo kamu mendapati penumpang yang ngerokok, tegur aja. kadang bahasa isyarat ga cukup ampuh. emang enak ngisep racun?
  3. hati-hati dengan bau badan kamu. pastikan kamu udah mandi bersih, pake deodoran yang ampuh plus parfum. ga lucu kan kalo mendadak ada yang "mabuk darat" gara-gara bau-bauan tak sedap? ini berlaku terutama kalo dalam kendaraan, kita harus berdiri. kan terpaparlah segala bau ketek itu.
  4. kalo kamu beruntung dapat tempat duduk, alangkah baiknya kalo kamu berikan itu pada penumpang yang sekiranya lebih membutuhkan. misalnya: ibu hamil, ibu yang lagi gendong anak, penumpang dengan banyak bawaan, penyandang cacat (meski jarang), atau orang yang sudah lanjut usia. itung-itung amal gitu.windy pernah cerita kalo dia kesel banget gara-gara ada ibu hamil dibiarin berdiri ama penumpang sekitarnya. masalahnya, windy lagi berdiri. oalah, itu kalo baby-nya tau-tau mbrojol kepriye? mau gitu tanggung jawab? kita masih muda gitu. masih kuat berdiri. kecuali kaki kamu bengkak atau patah atau lumpuh, plis berikan keberuntungan kamu itu pada mereka yang lebih membutuhkan.
  5. bayar dengan uang pas. selain memudahkan kondektur, juga mengurangi kerepotan saat harus menyimpan uang kembalian. bagusnya sih, kalo ongkos udah disiapin sejak sebelum naik. ngeluarin dompet di angkutan umum kan rawan copet bo.
  6. hati-hati melangkah. ini bukan pesan kalo mau keluar dari busway, tapi ati-ati melangkah dalam angkutan, jangan sampe nginjek kaki orang lain. sakitnyaaa....udah desek-desekan, gerah, keinjek pulak. huff..........
  7. say: TERIMAKASIH. meski hanya pada kondekturnya. meski pelan suara saat mengucapkannya. apalagi kalo naik taksi, bilang makasih ga susah kan? kalo perlu tambahin kalimat: moga-moga dapat penumpang banyak....aamiiinn...biar bagaimana pun, mereka udah bantu mengantar kita sampe tujuan. tanya: kalo sopir ugal-ugalan, masih harus ngucapin terimakasih juga? IMHO, tetep aja. tapi tambahin: laen kali, nyopirnya yang bener ya..ha ha ha
  8. turun dengan kaki kiri, terutama kalo naik bus/kopaja. kenapa? karena kalo pake kaki kanan, keseimbangan kamu bisa hilang (biasanya bus ga benar-benar berhenti saat menurunkan penumpang), kamu bisa jatuh dan menggelindingnya itu ke bagian bawah bis. kalo sial, ya kelindes lah dikau. meskipun kaki kamu sakit, usahakan pake kaki kiri. kondektur teriak-teriak: kaki kiri kaki kiri, itu bukan tanpa maksud ko....
apa lagi ya? ada yang berbaikhati mau nambahin?


update etiket:
9. kalau kamu udah berniat naik satu kendaraan umum, dan tu kendaraan dah nungguin kamu, alangkah baiknya jika kamu sedikit bergegas. siapa tahu di dalam kendaraan itu, ada penumpang yang lagi keburu-buru. jangan malah jalan santai mentang-mentang ditungguin

4 comments:

WeenDee said...

Utk poin no 3, wakakakkakkaka inget jalan2 ke asemka hehehe

Utk poin 7, paling sering bilang makasih ke orang2 yang ngasih tempat duduknya ke aq hehehehe

ika mulatsih fauziah said...

mbak kl kaki kiri keinjek dari blakang gmn tuh tips turunnya,wekekeke.serius neh.

CacingKepanasan said...

9. Usahakan untuk menahan kentut, karena... yah gitu deh :P

alf said...

10. Jangan pernah nge-godain kondektur, bakal ketahuan niatnya untuk naek angkot gratis.

11. (Ini apalagi) Jangan pernah godain sopir, Karena ketahuan niatnya untuk minta diantar sampai tujuan yg membuat angkot keluar dari trayeknya. Dijamin bakal dimusuhi semua penumpang, dan membuat anda harus segera turun dari angkot sesegera mungkin... :p

^_^