Monday, May 29, 2006

The Da Vinci Code


Sinopsis:
Jacques Sauniere, kurator Museum Louvre, dibunuh. sebelum wafat, ia meninggalkan pesan berupa teka teki simbol. Robert Langdon, simbolog dari Harvard bekerjasama dengan Sophie Neveu, kriptolog DCF untuk memecahkan teka teki itu. film ini sempat menuai protes pihak gereja Katolik dan sempat diminta agar tidak ditayangkan di Indonesia.

Pemain:
Tom Hanks, Audrey Tutou, Jean Reno

Sutradara:
Ron Howard

dan....

satu, awalnya aku ga minat nonton film ini. bukannya kenapa-kenapa, aku kecewa dengan terjemahan bukunya. kurang bagus. apalagi pas baca, aku masih kerja jadi editor. udah deh, buku Da Vinci Code ku sempet tercoret pena merah di sana sini.

kedua, Fath pengen nonton ni film usai ujian. jadilah kami nonton. terlepas dari kontroversi seputar buku dan filmnya, menurutku film ini lumayan. meski model rambut Tom Hanks benar-benar mengganggu. kenapa ga dipotong cepak aja seeehh?????

ketiga, rasanya pengen menggugat jaringan bioskop 21 dan pihak terkait lainnya. ada beberapa adegan di mana teks menghilang. tapi menurutku, percuma aja teksnya diilangin. bahasa Inggris yang digunakan bukan yang terlalu sulit. tetep aja penonton seisi bioskop mendengar jelas kalimat: Jesus is a man....dan kalimat-kalimat lain yang memang bisa bikin gereja panas.

keempat, banyak adegan film yang beda banget ma bukunya. tapi sudahlah, itu sudah kusadari sejak awal nonton, apalagi dengan pelajaran dari Memoars of A Geisha dulu. tapi secara garis besar, cukup bagus. apalagi pas isi Louvre dan gereja-gereja lain ditampilkan. keren bo...paling ga, aku bisa melihat visualisasi buku itu. kan ga semua orang hafal gimana wujud lukisan The Last Supper. apalagi gereja Roslin.

so, nonton laah ni film. daripada nonton Basic Instinct 2 hihihi....

gambar diambil sekenanya dari sini

5 comments:

~dhia~ said...

akika gak suka jeng sama pelemnya... Terlalu dipaksain kaya novel.. Kalo yg udah baca bukunya sih mending, masi bisa mikir2 sendiri...Naahh..kalo yg belom baca novelnya pst bakal ketar ketir.. Soalnya adegan2 paralelnya gak dijelasin.. Pst bingung deh knp ada Silas,trus uskup2 itu..

Trus bener tuuhh....knp juga textnya dihilangkan, siyaaallllll..... Tau gak Jeng..pas lagi nonton, tiba2 filmnya mati..kayanya dia telat ganti ke roll berikutnya... Naseb..nasebb

CacingKepanasan said...

Emang bener sih, bener2 ngegores pihak gereja banget.... gak heran teksnya ada yang dihilangin :)... tapi konyol juga yan, kenapa gak sekalian suaranya dihilangin..... (enggak rame atuh ntar pelemnya brur....)

chie said...

klo cici sih asek2 ajah, secara ci udah baca bukunya juga. Tidak mengecewakan, dan ci bawa translator buat translate pembicaraan yang gk ada textnya *ngaku kok TOEFL gk nyampe 500 ;))*

to dhia: mungkin "nicolas" *aka pengantar rol film* nya lagi terlibat action2 gk jelas :P

Di said...

aku dahnonton filmnya
ahhh bagusan bukunya banget. tapi emang enak sih jadi bisa liat visualisasi tempat2 nya hihih

sebenere itu juga dah ada di websitenya dan brown...

abis nonton film ini akulangsung beli Holly Blood Holy Grail...arghhh dan aku semakin tercengang dududud,...

nYam said...

@dhia: makanya baca dulu dunx say...hihihi

@cacing: kira2 di DVD bajakannya, text-nya ada ga ya?

@chie: nicolas ga lagi anter rol film...dia lagi nonton di sebelahku ha ha

@di: dah coba teka teki di websitenya dan brown blum? seru kan?