Wednesday, September 13, 2006

Pesat sesi II

menuruti permintaan Jeng Lita [halah!], ini sedikit cerita tentang Pesat Sesi II kmaren. susunan materinya dilihat di sini ya.

karena macet (efek busway Suti!!!), para pembicara pada telat T_T untung Bunda Wati pinter cuap-cuap. jam setengah sepuluh, mulai deh materi. yang mustinya materi I tentang ASI, dituker dulu dengan Menilai Pertumbuhan Anak by Mbak Yuli [makasih Jeng!].

materi I--> singkatnya: anak gemuk lom tentu sehat, en anak kurus lom tentu ga sehat. yang penting masih proporsional. en jangan terpaku ama growth chart, segala persentil, ato timbangan tok. yang tumbuh kan anaknya, bukan timbangannya. jadi lihat dong gimana anaknya.

materi II--> benernya ini materi favoritku soale ada film-nya. eh jangan mikir ngeres dulu. film yang ditayangin tuh tentang penelitian pada bayi yang diberi ASI segera setelah lahir, dan beberapa jam setelah lahir. beda loh. kalo begitu lahir diberi ASI, meski si bayi ditaro di perut ibunya, dia bakal 'merangkak' mencari puting sang ibu. sementara kalo pake dimandiin dll dulu, dia jadi kurang berminat menyusu. trus dijelasin juga tentang pemberian ASI eksklusif sementara si ibu bekerja. gimana caranya? ya perah ASI dong ah. gimana cara merah plus nyimpennya, dijelaskan di sini. tapi tentunya tidak didemonstrasikan yah. tar kita dianggap pornoaksi ^_* sementara dari Pak Iwan, yang tak lain suami Mbak Dera sie akomodasi, blio share tentang pentingnya peran ayah dalam proses pemberian ASI itu. buanyak deh ceritanya. sampe kita jadi pada tau kalo salah satu efeknya adalah: Jeng Dera jadi dapet makanan mahal mulu ha ha ha.....

materi III--> soal feeding pada anak. mulai dari konsep pemberian makan, pengenalan makanan padat, piramida makanan, alergi, obesitas, en tukang pilih makan alias picky eater. berhubung lom perna punya anak [en belum boleh juga!], aku jadi tahu juga soal ini. takutnya ntar anakku picky macem aku. :-(

sesi II ini mayan bikin cape dan kaget gara-gara kecolongan ada suami peserta yang mem-babysit anaknya di dalam. huhuhu...lain kali dibikin lebih tegas deh. pokoke no children!!! ntar ortunya pada ga konsen blajar :-(

tapi doorprize nya itu yang bikin ngiler. ensiklopedi ama spatu bow. yang kualitas ekspor pulak. panitia kan jadi mupeeeeng.......

1 comment:

Lita said...

Eeeehhh???? Ensiklopedia? :(( mauuuu...
Makasih yaaa mbak, udah bagi-bagi isi PESAT. Moga bisa belajar bareng. Nyok! :)