Tuesday, April 29, 2008

Kue Labu Kuning


Masih ngelanjutin otak atik ini. Tiga hari lalu, berturut-turut, Ankaa dapet MPASI labu parang alias pumpkin. Dan tahu lah ya betapa si labu ini cuma musim waktu bulan puasa. Tukang sayur langgananku menyerah waktu aku nitip cariin si labu. Ada siy dijual di supermarket, tapi alamak....gede bener. Bisa beli potongan, tapi kok ya paling kecil aja beratnya udah hampir sekilo.

Daripada dibuang, aku bikin kue labu kuning. Sisa labu aku bikin kolak labu-pisang kepok. Resep kuenya nyontek dari buku resep Nova yang aku beli atas nama niat-mulia-bikin-kue-seminggu-sekali-setelah-nikah. Lha bukunya aja aku beli jaman dulu, yang mana boro-boro mikir nikah, mikir pacaran aja nggak ha ha ha.....

Eniwei, karena ga ada timbangan, takaranku ngaco yah. Tenang aja, di sini aku tulis takaran yang benernya. Ada yang mau nyumbang timbangan? Atow mixer gitu?

Kue Labu Kuning

Bahan:
400 gram labu kuning, dikukus lalu haluskan (aku pake entah berapa, pokoke separo dari labu yang dibeli)
200 gram gula pasir (ga ngitung, tapi aku masukin ada kali 6 sendok)
200 gram tepung beras (beli tepung beras kemasan 250 gram, jadi dikira-kira deh)
50 gram kanji
350 ml santan dari setengah butir kelapa (aku pake Sun Kara 2 biji, trus campur air. Lupa ga beli kelapa parut ^_^)
200 gram labu kuning dipotong dadu
5 mata nangka dipotong-potong (ga pake karena ga nemu)

Cara bikin:
1. Campur labu halus+gula+tepung beras+kanji+santan sampe rata en ga bergrindil-grindil
2. Masukin labu kuning dadu
3. Tuang ke loyang yang udah dioles margarin
4. Kukus 20 menit, lalu taburin nangka
5. Kukus lagi 20 menit (aku kukus 30 menit sembari ditinggal nyikat kamar mandi he he he)

Foto? Lupa lom ditransfer ke laptie. Ntar yak diapdet lagi. Yang jelas kuenya abis. Kurang manis dikit, kata Fath. Mungkin karena si gula ga pake takaran yak. Kayanya bulan depan aku beli dah tu takaran. Sambil berdoa moga-moga suamiku tercinta nan ganteng sekali itu rela menyisihkan sebagian gajinya untuk beliin mixer *Amiiiiiiinnn*

Btw, ngemeng-ngemeng soal MPASI labu kuning, itu pupnya Ankaa bener-bener keluar kaya labu kuning loh. Dengan bau yang jauh berbeda, tentu saja ha ha ha. Gimana baunya kalo ntar dia dah mamam segala macam yak? Yang jelas tiga hari dapat labu, habis terus. Seneeeng banget. Tapi hari ini dapet apel, eh ga abis. Terlalu asem kali ya.

UPDATE:
Biar ga dibilang hoax ama Mister Anang, inilah penampakan si kue. Mohon maap kalow ga tampak yummy. Namanya juga masih newbie *ngeles*

3 comments:

Anang said...

kalu kata orang2, tanpa poto adalah hoax.. wkwkwk.. jd nunggu hasil jadinya deh. hehe...

Anang said...

hmm tnyata hasilnya cakep... *bondan style* wis pokoke mak nyus... bole dong nyicip...

nYam said...

@Mas Anang: kalow maw nyicip, sini dulu...