Friday, April 11, 2008

Tepung Beras a la Ummi Ankaa

Tiga hari menjelang Ankaa dapet makan, aku mulai bikin tepung-tepungan. Dari hasil baca-baca dan tanya-tanya, sebaiknya MPASI pertama tu dari serealia coz resiko alerginya rendah. Jarang banget kan kita denger orang alergi nasi? Nah perkenalan MPASI ini satu jenis aja dulu tiap kali makan selama tiga atau empat hari berturut-turut. Gunanya sebagai "alat uji alergi". Kalow makan pertamanya dah campur aduk antara beras-wortel-ayam dll, trus tau-tau bentol-bentol alergi, kita kan ga tau alerginya karena si beras, si wortel, ato si ayam. Lagian baby selama ini dapet ASI doang, kalow dikasih banyak macam ntar binun lagi dia. Dikasihnya juga sekali sehari dulu dengan konsistensi mendekati ASI. Kan namanya juga Makanan Pendamping ASI. Jadi ASI tetep makanan utama.

Selama tiga hari pertama, Ankaa dapet bubur susu tepung beras putih. Trus tadi pagi, Ankaa lahap banget pas dikasih bubur susu tepung beras merah. Tepung beras putihnya sih dapet dari Uni Sisi. Kalow tepung beras merah plus tepung kacang ijo. Gini nih caraku bikin tepungnya.

  1. Siapin beras merah dan kacang ijo secukupnya
  2. Cuci bersih
  3. Jemur sampe kering
  4. Sangrai sampe bener-bener kering
  5. Haluskan pake dry mill-nya blender
  6. Ayak kalo emang kurang alus
  7. Simpen di wadah kering dan tertutup

Oia, setelah disangrai jangan langsung diblender yak. Kan masih panas tu. Kalo ga salah, di buku petunjuk blender, ga bole masukin yang panas-panas gitu. Ntar gampang rusak.

Pas mau bikin bubur, ambil kira-kira satu sendok makan tepung. Campur dengan 100 ml air (aku pake takaran resep dari nakita), trus jerang di api kecil sampe meletup-letup. Matiin api dan dinginkan sampe suam-suam kuku. Trus tambahin ASI sampe kekentalan yang diinginkan. Siap deh.

Kalow ada yang kurang, tulung dikoreksi yak.

MPASI homemade, emang tiada duanya ^_^

Oia, buat resep-resep MPASI lainnya, bisa cari di wholesomebabyfood. Kalow anaknya dah masuk usia toddler, bisa cari di wholesometoddlerfood. Selamat mencoba. Kasih tau hasilnya yaa.

2 comments:

Mommy Alya-Asha said...

Asik..asik..tinggal nyontek aja ah....Senangnya punya temen seperti kamu non.

Hidup MPASI Homemade!!!!

bundanya alika said...

aku udah coba bikin mom! tepung beras putih coz besok pagi aya mpasi ni jadi musti gladi resik dulu dan alhamdulillah berhasil euy!

aku bikin pke teflon loh, diaduk2 terus dan ga ngegumpal tapi blom nyoba campur asi sih, besok pagi ajah :D

wishmeluck!