Habibah (2)

Ini beberapa hal yang baru aku ingat lagi setelah aku mulai tenang usai kejadian kemarin.

- Waktu membalikkan Habibah, aku sempat mengatakan: Sayang, balik badan yuk biar bobonya lebih enak.

Aku ga tau kalau saat itu dia sudah berpulang. Aku masih sempat memeriksa nafas baik dari hidung maupun mulut, detak jantung, dan denyut nadi sebelum panik memanggil Asih.

- Status anak di sana ada dua: titipan atau serahan. Kalau dititipkan, berarti keluarga si anak masih berhak menengok. Anak masih bisa diambil lagi setelah keadaan membaik, entah masalah ekonomi atau kasus kekerasan rumahtangga atau perceraian.

Kalau diserahkan, seperti dalam kasus Habibah, berarti hubungan orangtua dengan anak putus. Orangtua tidak berhak lagi menengok si anak. Itu satu hal yang bikin aku makin ngenes, karena ingat bahwa tak satu pun yang akan ziarah ke makam Habibah. Orangtuanya juga ga bakal tau kalo anak mereka sudah tiada.

- Nama panti asuhannya:
Panti Asuhan Tunas Bangsa
Jalan Bina Marga No 79 Cipayung Jakarta Timur
Telp: 021 8445651

Iva memberiku alamat panti asuhan khusus bayi&balita lainnya. Kalo mau, japri aja ya.

Comments

Popular posts from this blog

iwan fals di minggu pagi

Dear Manajemen Plaza Bintaro Jaya,

RS Melati Husada