Tuesday, September 02, 2008

Cemal Cemil

Ga tau turunan ato gimana, Ankaa tuh badannya kecil banget. Sampe bikin aku sering senewen. Mbok ya, Umminya dah ampe resign, ya badan tu digedein dikit gitu lo. Kadang pengen deh Ankaa tuh montog dikit. Tapi ya tetep segitu-gitu aja. Padahal makannya gampang lo. Ga banyak pilih-pilih. Porsinya juga mayan gede. Pisang yang dulu ditolak sekarang udah mulai mau. Buah juga apa aja hayo. Dicoba kasih makaroni malah nambah. Lha terus itu kabur ke mana ya segala makanan?

Udah gitu, kan mau mudik nih. Mulai dah aku kena sindrom ibuibuparnoitis. Ntar dibilang ga kasih makan cukup lagi kalo liat si eneng mungil kaya gitu. Mana di growth chart, selaluuuu di bawah garis. Grafiknya naik terus, tapi mbok ya sekali-kali di atas persentil 5 napa seeeh?

Tapi lama-lama ya sudah deh, mau gimana lagi. Badanku kecil (turun 2 kg lagi hix hix hix). Fath juga ga bisa dibilang gede. Eyang-eyangnya Ankaa juga mungil bin kurus. Buyutnya apalagi. Jadi ntar dalih genetika bisa lah aku pake buat ngeles.

Eh tadi mau nulis apa ya? Ah iya, cemilan. Biasanya Ankaa ngemil 1-2 kali sehari. Cemilannya macam-macam. Seringnya buah, mulai dari semangka, melon, jeruk (bisa abis satu biji sendirian), blewah, dll. Ato yang rada hi-calorie, biar skalian nambah lingkar perut, macam ubi, waluh alias pumpkin, ato kentang.

Ceritanya, aku sempat mati gaya soal MPASI nya Ankaa. Nasi tim plus kuah-kuahan mulu, meski lauknya udah variatif. Ankaa ga sampe GTM seh, cuma kok rasanya porsi makannya rada turun. Abis dikasi pencerahan, mulai deh aku obrak abrik lagi Nakita en buku resep di rumah. Resep makanan orang dewasa ada yang aku otak atik dikit biar bisa dimakan Ankaa. Biasanya aku skip gula garam penyedap en cabe nya he he he.

Oia, ini salah satu cemilan kesukaan Ankaa. Resep asli dari Nakita, aku otak atik dikit
Pancake buah
Bahan:
  • 150 g kentang, kupas, kukus, haluskan (aku pake kentang ukuran sedang, ga tau berapa gram. Ga ada timbangan bo)
  • 1 sdm tepung beras (jarang pake, seringnya aku skip ^_^)
  • 1 butir telur, kocok lepas (sebelumnya pastiin bebi ga alergi telur yah)
  • 2 sdm sufor (nah ini ga pake karena di rumah ga ada sufor. Mosok pake ASI?)
  • 50 ml jus wortel (kadang ta ganti wortel parut he he he)
  • 50 ml jus jeruk (aku suka pake jeruk medan ato pontianak)
  • 50 ml jus nanas (diparut aja pake parutan food maker, udah alus ko)
  • 50 ml jus stroberi (aku jadiin stroberi cincang...dengan ekstra perjuangan *di posting tersendiri*)

Cara bikinnya:
  1. Campur semua bahan, diamkan 15 menit
  2. Panaskan wajan antilengket, oles dengan mentega (aku pake butter Orchid)
  3. Masak hingga matang

Nah di foto di Nakita, itu pancake bentuknya bisa lucu banget. Tapi yang bikinanku... mmm.....ga layak foto deh. Yang jelas baunya enak. Jus buahnya aku pake apa yang ada. Kalo ga ada stroberi, ya diskip aja. Beres toh?

Seringnya lagi Ankaa ta bikinin agar-agar buah. Pake agar-agar biasa, yang bening yah, trus pas udah mateng ta campur buah. Entah dijus ato cincang. Mayan adem-adem seger. Bisa dipegang juga ama si eneng. Emaknya juga mau he he he

Kalo ada resep MPASI, bagi yah....pliz.

3 comments:

Luky Ekowati said...

Jieeey...kemajuan ya nyam...sekarang jago bikin kue nih..hehehe

Iya kebayang deh harumnya pancake ini...ntar cobain jg deh buat asha....thanks ya umi resepnya.

Luky Ekowati said...

Ah iya...gak papa lah mungil yang penting kan sehat. Lagian mungil kan jg lucu imut en inosens

-maynot- said...

Ima waktu umur 2 thn-an juga kurus kering. Nara sekarang (4.5 bulan) juga cuma sekitar 7kg. Gak gendut, standard aja... hehehe...

Dan bayangkan penderitaanku dengar komentar, "Lha, ibunya gemuk kok anaknya enggak? Makanannya dihabiskan ibunya ya?"

Bersyukurlah dirimu juga gak gendut, nYam :)