Sunday, November 16, 2008

Nugget Wortel

Ini dibuat atas nama keinginan impulsif bikin nugget. Sehari sebelumnya, aku pesen fillet ayam ke Mbak Sri, tukang sayur langganan. Makasih deh kalo harus nyleletin sendiri. Cari resep, akhirnya memutuskan pake resep dari sini. Aku tambah wortel biar lebih sehat bin cantik.

Chicken Nugget
Bahan :
300 gr daging ayam giling (cuma pesen seperempat... ya sudahlah)
50 gr keju cheddar parut (ga tau deh berapa gram, pokoke ada berapa keju di rumah, ya itu yang dipake)
2 butir telur dikocok lepas
¼ sendok teh garam (ga pake garam coz buat Ankaa juga)
¼ sendok teh merica bubuk (ga pake juga soale ga punya merica bubuk. Ngalusin sendiri? lagi males hihihi)
4 siung bawang putih, haluskan
Wortel

Bahan panir :
100 gr tepung roti
2 butir telur kocok lepas
minyak untuk menggoreng


Cara membuat :
1. Aduk rata daging ayam giling, keju parut, telur, garam, merica, dan bawang putih.
2. Tuang ke dalam loyang persegi bunder 20 cm yg diolesi minyak mentega kemudian dialasi plastik. ga punya plastik bo...jadi langsung ajah
3. Kukus nugget selama 20 menit. Angkat. Setelah dingin potong 2 x 2 cm.
4. Celupkan potongan nugget ke dalam telur lalu gulingkan di tepung roti. Lakukan 2 kali.
5. Goreng dalam minyak panas sampai matang.


Calon nugget baru dikukus

Baru dibedakin

Siap disantap

Btw, waktu ngalusin daging, aku campur ama wortel en bawang sekaligus di chopper. Malas ngulek bo. Lagi ujan pula *apa hubungannya?*

Nah pas lagi ngukus, ada insiden kecil. Rupanya air kukusan terlalu sedikit sampe akhirnya....asat ha ha ha. Jadi bau sangit dikit deh. Trus rupanya Ankaa ga sabar aja gitu nunggu si nugget di"bedakin". Jadi kelar ngukus, tunggu rada dingin, potong, langsung suapin. Itu sih jadinya ayam kukus wortel keju yak?

Eh Ankaa abis sepotong gede plus nasi en kuah jahe. Lumayan. Waktu makan berikutnya, abis dua potong gede lagi. Ga pake ukuran 2x2 cm. Sapa juga mau bawa penggaris ke dapur? Kata Fath masih kurang asin, cuma kejunya berasa banget. Wortelnya bikin si nugget berbintik cakep banget.

Iyay....bisa bikin nugget.

3 comments:

emaknye Fee said...

pesen dunk 2 kilo, kirim ke bekasi yahhhhhhhh :D

mila said...

homemade nugget emang yummy!! mo pake roti tawar or ga, mo pake wortel or ga, mo pake keju or ga. suka2 kita deh! sehat lagi!

nYam said...

@Maknya Fee: hmm....ayam seperempat 12 rebu, ditambah telor empat, trus wortel, keju dll dll dll....hmmm.....dua kilo ya...hmmm....*kumat bakat dagangnya*

@Mila: iyaaah....secara aku ga bisa masak gitu loh say. ngukus aja ampe asat ha ha ha.....