Friday, June 06, 2008

MPASI Ankaa Bulan Kedua

......alias mulai Ankaa umur 7 bulan sampe menjelang 8 bulan. Di bulan ini, menu MPASI Ankaa udah mulai dicampur-campur. Kalo awal-awal cuma satu macam, sekarang mulai ditambah. Jadi apa yang udah aku kenalin sebelumnya tinggal ditambah dikit. Trus dasar emaknya Ankaa suka ilang ide, ga selalu tiga hari menu yang sama. Misalnya pas mau ngenalin tahu, hari pertama tahu+beras putih, hari kedua tahu+oatmeal, hari ketiga tahu+beras merah. Lama-lama bisa tiap hari ganti. Tergantung itu tukang sayur bawa apa ha ha ha. Persis kaya emaknya Aya.

Di bulan ini, Ankaa dikenalkan pada (di luar yang udah dikenalin bulan kemaren ya):
  1. Tahu (kukus, haluskan)
  2. Tempe (kukus, haluskan)
  3. Labu siam (kukus, haluskan)
  4. Wortel (kukus, parut)
  5. Brokoli (parut, kukus)
  6. Kacang merah (kukus, haluskan.....berhubung suka males, aku rebus pake kaldu trus dialusin di atas saringan kawat)
  7. Bayam (ga nemu cara ampuh. HELP!!!)
  8. Kacang panjang (idem)
  9. Buncis (idem)
  10. Ubi jalar (kukus, haluskan)
  11. Semangka (haluskan. langsung digigitin juga gpp)
  12. Pisang (ditolak T_T)
  13. Pir (haluskan. Ankaa ga suka kalo buahnya dikukus dulu)
  14. Jeruk (ambil airnya. Ankaa suka gigit jeruk yang dipotong menurut juringnya)
  15. Melon (idem semangka)
  16. Blewah (idem semangka)
  17. Kaldu ayam
  18. Kaldu sapi
  19. Daging ayam (setelah dikenalin dengan kaldu)
  20. Daging sapi (setelah dikenalin dengan kaldu)
  21. Butter (aku pake Orchid UNSALTED alias tanpa garam. Cari di bagian berpendingin)
  22. Jambu air
  23. Nanas (ga sengaja, tapi lha doyan je. Kata si Ratih, makanya jangan ngerujak depan bebi)
  24. Bumbu semacam bawang putih.

Frekuensi makan juga udah ditambah. Pagi makan "besar", siang makan buah sama Eka. Karena sempat sakit, Ankaa GTM. Susah banget makannya. Kudu diakal-akalin dikit.

Mulai besok, Ankaa makan bubur nasi. Nyontek emaknya Aya aja deh hihihi.

Oia, aku bikin kentang butter buat Ankaa kaya gini: kentang dikukus, trus dialusin. Panas-panas campur ama butter. Udah deh beres.

Aku bikin kaldu Ankaa seminggu sekali. Tulang sapi ato ayam direbus lama pake slow cooker sampe kaldunya mantep. Trus si kaldu didinginkan, saring, simpen di wadah (aku pake botol UC1000, tutupnya diganti tutup Zestea). Abis itu simpen di freezer. Abis mau beli wadah baru, sayang duitnya.

Buat bikin daging giling, aku beli chopper Philips. Giling daging secukupnya aja trus disimpen di plastik klip cukup untuk porsi sekali makan. Jadi daging ga rusak karena dibekuin-dicairin-dibekuin lagi. Satu plastik cukup untuk sekali makan.

Bulan depan ini juga mau ngenalin keju buat Ankaa. Kejunya pilih yang tanpa garam yah. Kmaren liat di Hero, ada keju Ricotta merk Yummy. Ada yang mascarpone, tapi mahal beneeerr. Eh btw, aku kan buta keju nih. Punya resep pake keju ga? Bagi dong.

Ah iya, sama mau nambahin bumbu. Di usia 8 bulan, makanan bayi udah bole dikasi bumbu macam bawang putih, bawang merah, bawang bombai, daun salam, dll. Yang ga bole tetep gula-garam-MSG-madu.

Tantangan terberat di MPASI bulan kedua adalah: menghaluskan bayam. Ada yang bisa bantu?

3 comments:

woro woro said...

numpang nyontek buat ntar yaa...

bayam katanya sih dikukus trus diblender trus disaring>..

Mommy Alya Asha said...

Ijin nyontek yah darling....he.he.he.

Tapi biasanya daku nyonteknya kreatif kok...aku modif dikit..ha..ha.ha..teuteup (Ini pengalaman jaman jaman jahiliyah dulu).

Anonymous said...

boleh nyontek juga yaa.. lagi cari inspirasi juga nii.. trima kasih..