Tuesday, February 03, 2009

Mencicil Warisan

Ini salah satu keisengan yang aku mulai entah sejak kapan. Yang jelas masih ada guntingan koran yang aku tempel di bekas proposal waktu masih mahasiswa. Lalu sejak menikah, mulai deh suka gunting lagi kolom Geoweek. Tahu kan yang ada di pojokan halaman terakhir Kompas Minggu? Masih belum kebayang buat apa, pokoke gunting dulu.

Begitu Ankaa lahir, muncul niat ngerapiin guntingan itu. Akhirnya beli buku folio yang gede itu tuh. Aku tempel pake guntingan Geoweek dan kolom sejenis dari koran mana pun yang kebetulan ada di rumah kami. Satu buku lagi buat klipingan resep dari Kompas Minggu juga atau tabloid ato hasil ngulik si Ucil hihihi. Kan lumayan hemat ongkos beli buku resep. Aku kan ga bisa masak tanpa buku resep ha ha ha.

Aku ga tahu apakah keisenganku ini akan berguna atau tidak untuk Ankaa kelak. Pengen sih mulai nyicil beli ensiklopedia yang bagus-bagus nan mahal itu. Tapi waktu menghitung ulang anggaran, meski bisa diturutin, DP rumah apa kabar? Masa tiga tahun masih jadi kontraktor di rumah yang yah gini deh.

Trus dulu waktu hamil, pernah beli Nakita yang ada bonus flashcard. Ada yang abjad, ada yang angka. Eh ndilalah, kok ya ada aja yang keselip entah ke mana. Akhirnya waktu beberes majalah lama, aku gunting-gunting aja gambar-gambar tertentu. Tempel di buku gambar, kasih tulisan sendiri. Ga taunya Ankaa seneng banget. Mungkin saking senengnya ya, itu buku abjad baru dapet hadiah selamat datang istimewa: tumpahan kolak*. Halaman favoritnya? Halaman B. Kenapa? Karena aku tempel gambar bayi di halaman huruf B.

Ya jadi Nduk Neng Bebe Ankaa-ku sayang, maaf ya kalo baru "ensiklopedia" boongan dan buku abjad asal-asalan ini yang bisa Ummi kasih. Maaf kalo guntingannya ada yang kacau, itu guntingan Mbak Eka *ga mau disalahin*. Doain suatu saat Ummi dan Abi bisa kasih yang lebih baik dari ini.

*: pelajaran berharga untuk tidak membiarkan mangkok bekas kolak di arena bermain Ankaa, apalagi waktu mood jadi kokinya muncul.

5 comments:

emaknye Fee said...

waktu masih bujangan sih dakyu demen banget tuh bikin kliping, mulai dari resep, contoh baju, interir/eksterior, tips2 dunia kerja, pokoke sagala aya, suaking buanyaknya, most of them keleleran entah dimana..pas uda menikah kegiatan ini dibehentikan entah sampai kapan, secara butuh ruang khusus buat nyimpen yg sekarang ini belum ada...viva kliping :D

yanti said...

wah hebat.... salut deh Niam... pasti Ankaa bakal appreciate banget :)

nYam said...

@maknya Fee: aku sampe binun nih naro klipingan di mana lagi. abis ada yang mulei buluk hihihi

@mbak yanti: yah tak ada rotan, akar pun jadi lah yaa

-maynot- said...

Iiih... kreatifnya dikau, nYam :)

Aku dulu waktu kecil (sampai awal SMP deh) juga punya buku seperti ini. Isinya guntingan majalah Ananda dan catatan2 pengetahuan aneh comot sana-sini. Tapi entah bukunya kemana... hehehe....

*dan nggak sekreatif dirimu membuat lagi buat Ima/Nara ;)*

nYam said...

@Mbak May: lah ini pan cara hemat sekaligus pengusir bosan. Buku abjadnya lum kumplit. ada beberapa huruf yang blum nemu gambar yang pas. apa aku ublekutek lagi ya majalah lainnya? umur segini masih pantes ga sih nyimpen cita cinta? eh btw, aku lagi mupeng ama seri i wonder why. tapi ga mupeng ama harganya.