Wednesday, May 31, 2006

dukacita

jogja gempa. indonesia menangis lagi.
ribuan nyawa melayang.
dan harga mi instan ikut terbang.
jadi ingat lagu Ebiet, bahwa saat derita pun, masih ada yang ambil kesempatan.
btw, itu lagu ebiet bukan yah?
korban gempa juga butuh hiburan. itulah kenapa banyak artis datang.
kapan lagi foto bareng jeremy i-dont-know-who?

Monday, May 29, 2006

The Da Vinci Code


Sinopsis:
Jacques Sauniere, kurator Museum Louvre, dibunuh. sebelum wafat, ia meninggalkan pesan berupa teka teki simbol. Robert Langdon, simbolog dari Harvard bekerjasama dengan Sophie Neveu, kriptolog DCF untuk memecahkan teka teki itu. film ini sempat menuai protes pihak gereja Katolik dan sempat diminta agar tidak ditayangkan di Indonesia.

Pemain:
Tom Hanks, Audrey Tutou, Jean Reno

Sutradara:
Ron Howard

dan....

satu, awalnya aku ga minat nonton film ini. bukannya kenapa-kenapa, aku kecewa dengan terjemahan bukunya. kurang bagus. apalagi pas baca, aku masih kerja jadi editor. udah deh, buku Da Vinci Code ku sempet tercoret pena merah di sana sini.

kedua, Fath pengen nonton ni film usai ujian. jadilah kami nonton. terlepas dari kontroversi seputar buku dan filmnya, menurutku film ini lumayan. meski model rambut Tom Hanks benar-benar mengganggu. kenapa ga dipotong cepak aja seeehh?????

ketiga, rasanya pengen menggugat jaringan bioskop 21 dan pihak terkait lainnya. ada beberapa adegan di mana teks menghilang. tapi menurutku, percuma aja teksnya diilangin. bahasa Inggris yang digunakan bukan yang terlalu sulit. tetep aja penonton seisi bioskop mendengar jelas kalimat: Jesus is a man....dan kalimat-kalimat lain yang memang bisa bikin gereja panas.

keempat, banyak adegan film yang beda banget ma bukunya. tapi sudahlah, itu sudah kusadari sejak awal nonton, apalagi dengan pelajaran dari Memoars of A Geisha dulu. tapi secara garis besar, cukup bagus. apalagi pas isi Louvre dan gereja-gereja lain ditampilkan. keren bo...paling ga, aku bisa melihat visualisasi buku itu. kan ga semua orang hafal gimana wujud lukisan The Last Supper. apalagi gereja Roslin.

so, nonton laah ni film. daripada nonton Basic Instinct 2 hihihi....

gambar diambil sekenanya dari sini

Monday, May 22, 2006

Downfall


Sinopsis:
Seiring kian dekatnya pasukan Rusia ke Berlin, Adolf Hitler dan sisa-sisa prajurit dan staf bersembunyi dalam bunker. Film ini mengisahkan hari-hari terakhir Hitler, optimismenya akan kebangkitan Jerman, kekalutan para jenderal tentang kondisi perang, dan kisah para pengikut Hitler. Film ini dibuat berdasarkan buku karya Traudl Junge, sekretaris Hitler.

Pemain:
Bruno Ganz, Alexandra Maria Lara, Corinna Harfouch, Christian Berkel, Juliane Köhler, Andre Hennicke

Sutradara:
Oliver Hirschbiegel

Dan film ini menurutku....

AMAZING!!!!

pertama, aku berencana nonton film ini tahun lalu, saat Jiffest. tapi sialnya, aku kehabisan tiket. begitu nemu DVD-nya, eh rusak. dan kmaren, setelah beli untuk yang kedua kalinya, aku bela-belain nonton sampe hampir tengah malam. 2,5 jam loh.

kedua, aku pernah membaca bahwa film ini dikritik karena "membuat Hitler tampak manusiawi." Dan memang benar. Hitler digambarkan sebagai sosok diktator di ujung kekuasaannya, kalut, cemas, pemarah, tapi juga tetap yakin bahwa Nazi akan menang. Dia juga digambarkan lembut pada anak-anak Magda Goebbels, yang kemudian dibunuh oleh ibu mereka sendiri usai sang Fuhrer bunuh diri. Dia memanggil Traudl, sekretarisnya, dengan panggilan "my child". dan di detik-detik akhir sebelum ia menelan pil racun dan menembak diri dan Eva Braun, ia menikahi Eva.

saat kekuasaannya kian surut, ia tetap yakin bahwa ia telah melakukan hal yang baik: melenyapkan yahudi dari eropa. saat para jenderalnya meyakinkan bahwa kekuatan militer Jerman akan kalah, dia tetap percaya bahwa kekuatan ras Arya jauh melebihi kekuatan mana pun.

meski ia akhirnya mengatakan mundur, tetaplah dia Fuhrer bagi mereka semua. dan bisa ditebak, para jenderal itu malah saling bertikai mengenai: haruskan Jerman menyerah pada Sekutu?

ketiga, aku tercengang melihat kesetiaan membabi buta para pengikutnya. kesetiaan yang menurutku di luar akal sehat. keluarga Goebbels yang memilih mati daripada menyerah. para jenderal yang memilih menempatkan satu peluru di batok kepala daripada mengibarkan bendera putih. dan itu semata karena Hitler mengatakan: aku takkan menyerah.

keempat: perang itu sia-sia. Hitler yang mengatakan bahwa menjaga kemurnian ras Arya, juga mengorbankan rakyatnya sendiri. dia bahkan mengatakan bahwa kematian rakyat Jerman akibat mereka kurang gigih mempertahankan diri. wait wait wait, gimana bisa bertahan? ga ada makanan, air, obat, listrik sementara peluru bisa setiap saat melubangi kepala?

kelima, kalo ga tahan darah, jangan nonton film ini. namanya juga masa perang, ga ada obat-obatan. dua dokter harus mengoperasi puluhan pasien yang luka-luka. malah ditunjukin bagaimana mereka mengamputasi para prajurit yang kena tembakan: tangan atau kakinya digergaji!!!

tapi bener deh, aku hampir nangis pas nonton. trenyuh gitu melihat Eva Braun yang baru nikah, udah "harus" ikut bunuh diri. salut melihat Traudl Junge yang tetap bisa tersenyum sambil mengetik surat wasiat Hitler dan Joseph Goebbels. dan ngeri melihat Magda Goebbels meracuni anak-anaknya sendiri dengan alasan: tanpa National Socialism, anak-anakku tidak punya masa depan. dan hampir mengasihani Hitler yang tangan kirinya selalu gemetar, mungkin karena hati kecilnya tahu, dia tak lagi punya harapan.

gambar diambil begitu saja dari sini

Thursday, May 18, 2006

angkutanetiketips

maksudnya etiket kalo lagi naik angkutan umum. setelah tentang alternatifnya, sekarang tentang etiketnya. yah ga komplit seh, tapi moga-moga memadai. makasih win atas storinya kmaren malam.

  1. usahakan jangan cegat angkutan di sembarang tempat. kan ada halte tuh. kalo angkutannya berhenti mendadak, sopir bakal ngerem ngedadak dan penumpang ga nyaman kan? trus bisa jadi menimbulkan "bencana" bagi kendaraan lain di sekitarnya. kalo di sekitar kamu ga ada halte, paling ga kan ada satu titik tempat calon penumpang biasa ngumpul.
  2. NO SMOKING!!!! udara jakarta udah cukup kotor oleh debu dan asap buangan kendaraan yang ga lolos uji emisi tanpa harus ditambah dengan racun nikotin. jadi matikan rokok SEBELUM naik angkutan, tanpa menunggu ada penumpang yang batuk-batuk, tutup hidung, ato tegur langsung macam aku: "Pak Pak, keberatan ga kalo rokoknya dimatiin?"dan kalo kamu mendapati penumpang yang ngerokok, tegur aja. kadang bahasa isyarat ga cukup ampuh. emang enak ngisep racun?
  3. hati-hati dengan bau badan kamu. pastikan kamu udah mandi bersih, pake deodoran yang ampuh plus parfum. ga lucu kan kalo mendadak ada yang "mabuk darat" gara-gara bau-bauan tak sedap? ini berlaku terutama kalo dalam kendaraan, kita harus berdiri. kan terpaparlah segala bau ketek itu.
  4. kalo kamu beruntung dapat tempat duduk, alangkah baiknya kalo kamu berikan itu pada penumpang yang sekiranya lebih membutuhkan. misalnya: ibu hamil, ibu yang lagi gendong anak, penumpang dengan banyak bawaan, penyandang cacat (meski jarang), atau orang yang sudah lanjut usia. itung-itung amal gitu.windy pernah cerita kalo dia kesel banget gara-gara ada ibu hamil dibiarin berdiri ama penumpang sekitarnya. masalahnya, windy lagi berdiri. oalah, itu kalo baby-nya tau-tau mbrojol kepriye? mau gitu tanggung jawab? kita masih muda gitu. masih kuat berdiri. kecuali kaki kamu bengkak atau patah atau lumpuh, plis berikan keberuntungan kamu itu pada mereka yang lebih membutuhkan.
  5. bayar dengan uang pas. selain memudahkan kondektur, juga mengurangi kerepotan saat harus menyimpan uang kembalian. bagusnya sih, kalo ongkos udah disiapin sejak sebelum naik. ngeluarin dompet di angkutan umum kan rawan copet bo.
  6. hati-hati melangkah. ini bukan pesan kalo mau keluar dari busway, tapi ati-ati melangkah dalam angkutan, jangan sampe nginjek kaki orang lain. sakitnyaaa....udah desek-desekan, gerah, keinjek pulak. huff..........
  7. say: TERIMAKASIH. meski hanya pada kondekturnya. meski pelan suara saat mengucapkannya. apalagi kalo naik taksi, bilang makasih ga susah kan? kalo perlu tambahin kalimat: moga-moga dapat penumpang banyak....aamiiinn...biar bagaimana pun, mereka udah bantu mengantar kita sampe tujuan. tanya: kalo sopir ugal-ugalan, masih harus ngucapin terimakasih juga? IMHO, tetep aja. tapi tambahin: laen kali, nyopirnya yang bener ya..ha ha ha
  8. turun dengan kaki kiri, terutama kalo naik bus/kopaja. kenapa? karena kalo pake kaki kanan, keseimbangan kamu bisa hilang (biasanya bus ga benar-benar berhenti saat menurunkan penumpang), kamu bisa jatuh dan menggelindingnya itu ke bagian bawah bis. kalo sial, ya kelindes lah dikau. meskipun kaki kamu sakit, usahakan pake kaki kiri. kondektur teriak-teriak: kaki kiri kaki kiri, itu bukan tanpa maksud ko....
apa lagi ya? ada yang berbaikhati mau nambahin?


update etiket:
9. kalau kamu udah berniat naik satu kendaraan umum, dan tu kendaraan dah nungguin kamu, alangkah baiknya jika kamu sedikit bergegas. siapa tahu di dalam kendaraan itu, ada penumpang yang lagi keburu-buru. jangan malah jalan santai mentang-mentang ditungguin

Wednesday, May 17, 2006

geleng-geleng

tadi baca berita ini di detik.

geleng-geleng deh. ko bisa ya? tapi ya itulah manusia. bisaa aja.

ko cuma ttd nya Jibril? ga sekalian aja ttd nya Pencipta Jibril? kalo mau ngaco ya mbok jangan setengah-setengah xixixixi

dan lagi, udah jelas tidur. ko ya dibilang ruhnya diangkat ma Tuhan? abis diangkat, dibalikin lagi gitu? hebaat....kalo ruh diangkat bukannya mati yah?

huff.......misteri manusia

Tuesday, May 16, 2006

sekali lagi, itu masalah pilihan ko

udah malem. kamu belum makan. tapi mau makan, inget kalo jarum timbangan ke arah kanan terus. kalo ga makan, ntar maag. ya itu balik lagi kan, terserah kamu. kamu makan dengan resiko nambah chubby dikit ato ga makan dengan resiko maag.

kamu lagi boke. ada sih tabungan, tapi tanggung bulan. bentar lagi gajian. kuat-kuatin deh dengan isi dompet. eh pas jalan-jalan, ada boots keren. super duper keren deh. sialnya, meski udah sale, harganya masih super duper ga sopan. kamu bisa terus jalan dan pura-pura ga lihat itu boots sambil berusaha memaksa otak untuk melupakan bahwa kamu pernah naksir itu boots, yah meski resikonya paling malemnya ga bisa tidur. atau jebol tabungan dengan resiko ga bisa beli banyak hal lain yang udah direncanakan. atau nabung ekstra begitu gajian demi boots impian dengan resiko begitu duit cukup, bootsnya bisa jadi udah disamber orang laen.

kamu jarang jatuh cinta. dan sekali-kalinya kamu ngerasa nemu soulmate, eh si dia menolak. udah ditelpon lima ratus kali sehari, direject terus-terusan. disms, ga perna dibales. disamperin ke rumahnya, pasti lagi keluar. disamperin ke kantornya, selalu lagi meeting. dikirim email, ga dibales. di-YM, ga ada respon, malah offline terus.

maka kamu bisa:
  1. terus gigih mengejar tanpa henti dengan resiko ditendang-dihajar-diinjek sampe setengah mampus dan belum tentu saat kamu sekarat, dia luluh dan mau ama kamu
  2. berhenti ngejar dia dan berusaha jatuh cinta lagi sama yang laen
  3. mengubah cara PDKT plus bebenah diri terutama pada poin-poin yang bikin dia kabur terus dari kamu, dengan resiko dia tetep aja nolak
  4. mulai menjauhi dia dengan harapan dia bakal kehilangan dan akhirnya berubah pikiran, ya meski bisa jadi dia malah bahagia dengan menjauhnya kamu
  5. ga melakukan apa-apa, tapi ini berarti kamu jomblo seumur hidup
  6. pergi ke dukun *kumat*

tapi apa pun pilihan kamu, plis plis plis sadari kalo semua ada resikonya. kamu ga bisa berharap kamu dapat memperoleh semua yang kamu inginkan. apa pun itu. kalo kita bisa dapat apa pun yang kita mau, apalagi tanpa perjuangan, mati aja deh. apa serunya hidup kalo gitu? orang udah mati aja bisa jadi masih rebutan lokasi kuburan kan?

dan lagi, kalo kamu menetapkan syarat A B C D buat si dia, sementara si dia jelas-jelas menolak kamu, oh plis dee.....kasarnya: yang butuh itu siapa? bener sih, pride itu tetep harus ada. tapi ya mbok realistis gitu.

kamu strict banget ama segebok syarat dan kriteria soal calon pendamping hidupmu. sementara orang yang kamu harapkan bahkan tidak mengatakan YA. get real. tanya dulu sama diri sendiri, sudahkah kamu juga sesuai dengan sosok yang dia harapkan?

kamu memilih. dan siaplah dengan resiko akibat pilihanmu itu.
simpel, tapi ga sesederhana itu.

sori kalo akhirnya aku tulis ini di blog. abis lama-lama sebel juga dengan topik curhatanmu. ini spesial buat kamu. meski aku ga yakin kamu baca.

Monday, May 15, 2006

Zatoichi


zatoichi

Sinopsis
zatoichi, si buta pemijat+pengelana+(sesekali) penjudi. tapi juga samurai yang hebat. dalam pengelanaannya, ia membantu dua geisha bersaudara, Osei dan Okinu, membalas dendam pada kelompok Ginzo yang mempekerjakan samurai hebat, Hattori. setting: jepang abad ke-19

Pemain
Takeshi Kitano, Tadanobu Asano, Michiyo Ookusu, Gadarukanaru Taka, Daigoro Tachibana, Yuuko Daike

Sutradara
Takeshi Kitano

Film ini, IMHO loh ya....
jangan ditonton kalo kamu ga tahan lihat darah atau kekerasan. baru mulai, udah adegan potong leher, tebas punggung, bacok kepala. darah di mana-mana. kereeeen *ups*

awal-awal rada bingung ama alurnya. kok tau-tau ada sepasang geisha yang bunuh kliennya sendiri? trus kok ada ronin cari kerja? ooo...ternyata mereka bakal ketemuan toh...tapi sayang, Hattori akhirnya mati. hix hix hix....huaaaaaa

pas nonton film ini, aku inget-inget semua catatan harian FOW. jadi nebak, kayanya geishanya dari Edo, bcoz sanggulnya "gepeng". kalo kyoto kan bulet. trus heran, itu si Zatoichi ko ga pake pedang pendek, cuma pedang panjang aja. tapi sarungnya warna merah bo. keren.

trus pas liat geisha-nya, jadi tau itu toh fungsi tikar yang dibawa ke mana-mana. pengganti kasur he he he. meski tetep aja, bagi aku, ga smua geisha itu kaya gitu. cieee....

salah satu adegan yang paling menyentuh, ya saat istri Hattori nanya: apakah kamu akan membunuh lagi?

hix, ya iya seh. hattori kan ronin, dia harus cari tuan. harus punya kerjaan. demi sang istri. tapi kataku, istrinya sakit gara-gara ga tahan membayangkan suaminya tiap hari bunuh orang.

jadi tambah pengen ke jepang.

gambar diambil tanpa izin dari sini

wiken ini, kulalui dengan dua film bunuh-bunuhan. dan kuakhiri, dengan cekcok yang bikin aku pengen..........................................

Keeping Mum


Sinopsis:

Walter Goodfellow, pendeta di desa kecil Little Wallop, begitu terfokus pada pekerjaannya hingga (nyaris) melupakan keluarganya. permasalahan yang berlarut-larut dalam keluarga sang pendeta berangsur hilang seiring kedatangan Grace Hawkins, pengurus rumah tangga mereka. tapi Grace juga membawa masalah lain.


Pemain:
Rowan Atkinson, Kristin Scott Thomas, Patrick Swayze, Maggie Smith

Sutradara:
Niall Johnson

IMHO:


kocak abis. ini film psikopat paling kocak yang aku pernah tonton. meski sepanjang film harus bisa melepaskan sosok pendeta Goodfellow dari Mr. Bean.

sejak awal aja, gaya psikopat Grace Hawkins alias Rosemary Jones udah lucu. pas ditanya polisi, kenapa ada mayat di kopernya, dia cuma bilang: ""itu suamiku dan selingkuhannya. aku tidak bisa diam saja tanpa berbuat apa-apa bukan?" . dalem bo.....jadi ngebayangin, kalo smua istri membunuh suami+selingkuhan mereka, kayanya penuh tuh penjara wanita he he he

trus pola hidup keluarga Mr. Bean, eh Goodfellow, juga aga aneh. istrinya kesepian gara-gara suaminya lebih suka mengurus komite penataan bunga dan akhirnya si istri selingkuh ma pelatih golf, anak sulung gonta ganti pacar terus, trus si bungsu yang jadi bulan-bulanan di sekolah. dan si pendeta ga ngeh gitu. OMG. nyindir banget yah...^_^ saking sibuknya ngurus ABCDEF sampe ga sadar kalo anaknya OD

pas Grace datang, dia berusaha memperbaiki kehidupan si pendeta dan keluarganya. dengan cara halus dia nunjukin ke pendeta gimana caranya biar pidatonya bagus dan berkesan bagi para jemaat. dia juga nunjukin ke pendeta gimana istrinya kesepian. trus membantu memulihkan rasa percaya diri Peter, si bungsu. meski caranya sadis: Grace memotong kabel rem sepeda anak-anak yang sering menganiaya Peter.

trus dia melindungi keluarga itu dengan segala cara. sampe membunuh anjing Mr. Brown dan pemiliknya sekaligus, membunuh Lance, si pelatih golf, gara-gara Lance tertangkap basah ngerekam anak pendeta yang lagi telanjang.

yang mengharukan, ternyata Grace itu ibu kandung si istri pendeta. setelah dipenjara puluhan tahun, dia dilepaskan dan berniat mencari keluarganya. tapi ya dasar psikopat, tetep aja kali ya....

tapi cara pembunuhannya gampang ditebak euy. ato aku yang emang psikopat yah? abis gampang banget. ga pake trik apa-apa.

apa yang tampak di luar, belum tentu seperti apa yang ada di dalamnya. bagi kebanyakan orang, sosok Grace akan tampak kejam. tapi itu dia lakukan demi menjaga anaknya. yah dengan caranya sendiri, tentu.

dan lagi, sesibuk apa pun pekerjaan kita, setinggi apa pun dedikasi pada pekerjaan, jangan deh sampe melupakan hal-hal penting. kadang keluarga nyebelin, tapi ke sana lah kita akan kembali saat lelah menghampiri.

oia, satu lagi, Mr. Bean bisa ciuman juga yah ha ha ha

thanks Win, kapan-kapan nonton lagi yah.

gambar diambil tanpa izin dari sini

Thursday, May 11, 2006

nanti aku.....

nanti aku mau jadi presiden aja

atau minimal jadi orang berkuasa

trus keruk duit banyak-banyak

atau jitak kepala orang seenaknya

ntar kalo ada yang ngusut atau nuntut

tinggal (alasan) sakit

gampang kan?

ntar lama-lama juga diampuni

gimana?

Tuesday, May 09, 2006

berita duka

huaaaa....ga bisa browsing...ga bisa chatting...ga bisa posting...


untuk pertama kalinya, aku bikin posting dari warnet...

hix hix hix


moga-moga kemelut ini segera berlalu


*lagi mikirin, seperti apa dunia tanpa internet*

Wednesday, May 03, 2006

satpam paling tolol

kalo kamu sedang berada di lokasi yang asing, dan kamu ga yakin harus menuju ke mana, maka ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. terus berjalan dan berusaha mencari. modal nekat dan rela nyasar
2. celingak celinguk mencari orang yang tampak tahu lokasi dan bertanya, harus ke mana untuk mencapai tempat yang kamu tuju.


kemarin, aku melakukan poin ke-2 itu dua kali. pertama di kantor Depdiknas cipete (atau Depdikbud?). dan kedua di Depdiknas Senayan. keduanya dalam rangka mengurus surat rekomendasi mutasi untuk ayahku, mutasi yang sebenarnya sudah terjadi lebih dari tiga tahun silam tapi urusan administrasinya terhambat oleh sistem Depdiknas yang carut marut.


di kantor Cipete, aku bermaksud bertemu Ibu D. setelah tanya satpam, aku sampai di salah satu gedung. pas masuk, lho kok kosong? aku coba masuk salah satu ruangan dan dapat informasi bahwa Ibu D sekarang berkantor di Senayan.

aku: kalau boleh tahu, beliau di gedung yang mana?
staf A: ya mbak dateng aja ke senayan, terus tanya Bu D di mana
aku: maksud saya, kantor Diknas di senayan itu kan terdiri dari beberapa gedung. seingat saya, kalau kita masuk di sisi kiri ada perpustakaan, dan ada beberapa gedung lain. nah pertanyaan saya: di gedung yang mana Ibu D berkantor?
staf A: ya mbak cari aja, masa nanya aja ga bisa?
aku: ya maaf, saya kan ga tahu makanya saya nanya (dalam hati aku ingin nabok tuh orang pake The Broker yang sedang kubawa).
staf B: kalo ga salah, ibu D sekarang di gedung E lantai 14. mbak ke sana aja
aku: makasih


babak pertama usai


di kantor senayan, sedang ada upacara Hardiknas. bagus lah, berarti ada kemungkinan si Ibu D ini ada. pas masuk, lho kok peserta upacara pada lesehan di rumput? sementara siswa SD-SMP-SMA yang ikut upacara harus berdiri tegak. curaaaaangg...

back to the story. aku bertanya pada salah satu bapak-bapak yang sedang santai, di mana gedung E gerangan? dia menyuruhku ke satpam yang lagi duduk-duduk sambil ngobrol. di sinilah kesialan kedua dimulai.
aku: maaf pak, saya mau ke gedung E. itu di sebelah mana ya?
satpam: (sambil terus ngobrol dengan rekan di sebelahnya, hanya mengacungkan telunjuk seperti sedang tahiyat)
aku: (bengong) maksudnya?
satpam: (tetap mengacungkan telunjuk, persisnya ke arahku)
aku: pak, gedung E di mana ya?
satpam: ya mbak lurus aja
aku: begini, sekedar memperjelas, acungan jari bapak tadi bagi saya bukan petunjuk arah yang baik. dari sini, saya melihat ada jalan, dan beberapa gedung. jadi maukah bapak berbaikhati memberitahu saya, untuk mencapai gedung E, dari sini saya harus ke kanan atau ke kiri? atau lurus dan belok-belok?
satpam: ya mbak lurus aja, ntar ada kok nama gedungnya. tuh kelihatan dari sini.
aku: mana? saya ga lihat ada huruf E di gedung-gedung sini
satpam: ada, di bagian bawah (OMG, maksud lo, gw musti mengerahkan segenap kemampuan mata minus gw biar bisa melihat menembus gedung-gedung ini demi mencari tulisan GEDUNG E begitu??? dasar dodol!!!!)
aku: ya sudah, saya cari sendiri. tapi bener lho pak, bagi saya, ngacung kaya gitu tadi sama sekali bukan petunjuk arah


setelah itu aku pergi, mencari sendiri gedung E. dan tahu ga seeehhh....gedung E itu dari tempat aku nanya tadi, harus jalan lurus lalu belok kiri!!!!!! dan di mana nama gedungnya? bener-bener di bagian bawah, paling cuma sepinggangku. ga mencolok pulak!!!!


aku tahu Depdiknas adalah departemen yang paling korup di Indonesia. aku juga semakin yakin bahwa Depdiknas adalah departemen dengan birokrasi paling njelimet di Indonesia. tapi sekarang aku juga jadi tahu, bahwa Depdiknas adalah departemen yang memiliki satpam paling tolol di Indonesia, yang bahkan tidak bisa menunjukkan arah dengan benar.


*hardiknas=hari saat sebaiknya menghardik seseorang itu diizinkan*

Monday, May 01, 2006

alternatif bepergian di jakarta

bulan april 2003, untuk pertama kalinya aku ke jakarta sendirian. dijemput sama ibu cantik satu ini di gambir, trus nginep di tempat beliau selama aku wawancara.


dan setelah tiga tahun di kota-macet-bising-berdebu-tapi-kadang-menyenangkan ini, aku belajar beberapa cara untuk bepergian yang udah perna aku coba.


  • angkot
kaya angkot di kampung halaman, warnanya macem-macem. tapi yang paling umum warna biru muda, merah jreng, dan putih. rutenya kebanyakan di daerah perumahan, bcoz sejauh ini aku ga perna nemu angkot seliweran di thamrin ato sudirman. ongkos rata-rata Rp 1500-Rp 2500 sekali jalan. kapasitas maksimal rata-rata lima belas penumpang (termasuk yang gelandutan di pintu)

angkot favorit: S11 jurusan lebakbulus-pasar minggu.
bcoz jarang ngetem (berdasarkan pengalaman) dan ga berlambat-lambat

angkot dengan rute paling nggelibet: S14 jurusan lebakbulus-petukangan (kalo g salah, nomernya 14)
ampun-ampunan rutenya. lewat jalan-jalan tikus ga jelas. gara-gara lagi pengen nyasar, akhirnya aku nyasar beneran. lewat segala perumahan. mungkin saking akrabnya, sopir dan penumpang saling kenal gitu. konyolnya, sekali-kalinya naik, ada bapak-bapak yang saking keburu-burunya kali ya, retsleting clananya lom ditutup. hua ha ha ha

  • metromini
bus ukuran sedang. karatan di mana-mana sehingga para penumpang sangat dianjurkan divaksin tetanus sebelumnya. warna merah-oranye. meski penuh dibilang kosong. salah satu jenis angkutan umum yang paling tidak manusiawi. kalo ujan bocor. lagi kosong, ya bisa kosong banget. lagi penuh, ya selamat jadi ikan asin. rawan copet.
sebagian besar sopirnya rupanya berambisi menunjukkan pada dunia bahwa kemampuan mereka mengemudi ga kalah dengan Schumi, Eddie Irvine, atau Mika Hakkinen. rute ke segala penjuru jakarta. ongkos flat Rp 2000 sekali jalan. kapasitas maksimal tidak diketahui. lha wong uyel-uyelan aja dibilang kosong.

metromini favorit: ga ada
metromini paling gila: 74 (blok m-rempoa) dan 75 (blok m-pasar minggu)

kalo metromini 74, aku pengalaman nyaris dipalak. be careful
khusus buat metromini 75, aku dah perna ngalamin diserempet (tulang ekorku sakiiit banget...pantatku kan ga segitu gedenya!!!!) plus saksi mata tabrak lari
  • kopaja
bentuk sama seperti metromini. warna ijo-muda-luntur dan putih. sama karatannya dengan metromini. sama ga manusiawinya dengan metromini. rute ke segala arah. bahkan ada yang bisa dibilang antarpropinsi (kopaja 63 jurusan blokm [jakarta]-depok[jawabarat]). ongkos sama dengan metromini. kelakuan sopir hanya sedikit di bawah metromini.

kopaja favorit: 612 (kampung melayu-ragunan)
soale selalu dapet kopaja yang enak bener duduknya
kopaja paling nyebelin: 68 (kampung melayu-pasar minggu?)
kopaja yang paling hobi ngoper-ngoper. megelno tenan. wiken kmaren, aku dan fath dioper di depan pasar tebet pas ujan super deres, ga sempat buka payung, dan lagi nggembol kado gede buwat temen. siaaall!!!!!!!!!!
kopaja paling rawan: 19 (ragunan-tanah abang)
ibu satu ini perna cerita ampir dipalak
foto diambil tanpa izin dari sini:
  • bus patas
warna berkisar antara ijo muda sampe putih. dulu ada biru jelek, tapi udah diganti. sebagian bus patas ada yang model bus jepang. maksudnya ada tulisan-tulisan jepangnya gitu. kecian banget deh kita, terima bus bekas. tarif Rp 2000 sekali jalan. kalo dah lagi penuh, selamat deh ya. desek-desekan. bcoz ukuran yang lebih panjang dari kopaja ato metromini, penumpang yang lagi kegencet di tengah bakal menempuh perjalanan berbahaya menuju pintu keluar menembus kerumunan manusia bau penguk dan tangan jahil para pencopet. rute ke segala penjuru, tapi umumnya di jalan besar, ga sampe masuk jalan tikus kaya metromini/kopaja/angkot. kapasitas mulai dari 0 penumpang sampai 100 kali ya...sampe gelandotan ga jelas gitu.

bis patas favorit: 45 dunx (kampung rambutan-blok m)
bus model jepang. meski penuh ga sampe desek-desekan. smooth banget jalannya. copet ga seganas bus 46

bus patas paling sesek: P41 (kampung rambutan-kota)
serasa ga bisa bernafas. penuuuuhhhh bangeeeeetttttt

bus patas paling nyebelin: P11 (kampung rambutan-kota)
gara-gara sebagian besar penumpang turun di kuningan, biasanya dia ngoper penumpang di imam bonjol, deket hotel mandarin oriental. plis deee.....udah daerah sepi, jarang ada bus, jauh dari halte busway. dari empat kali diturunin di imam bonjol, dua kali aku terpaksa naek taksi. boros tenan. foto diambil dari liputan6.com
  • bus patas AC
lebih "mewah dikit" dibanding bus patas biasa. pake AC, meski kadang terlalu kenceng semburan anginnya. rutenya lebih sedikit. biasanya yang naek orang-orang yang ogah gencet-gencetan ala bus patas. tarif jelas lebih mahal. paling ngga, Rp 5000 sekali jalan. tapi enaknya, sopirnya (rata-rata) ga ugal-ugalan.

bus patas AC favorit: 79 (kampung rambutan-kota)
tiap kali naek dari monas, pasti kuzuung. sopirnya ga bakal masuk tol asal kita bilang: turun pancoran. he he he

bus patas AC paling nyebelin: ga tau. lom perna ngalamin yang nyebelin tuu
  • ojek
berupa kendaraan motor roda dua dengan berbagai merk dan kondisi. tingkat ke-ugal-ugalan dan kemahiran mengemudi berbanding lurus dengan pengalaman dan kenekatan pengemudi. alternatif angkutan bagi mereka yang tergesa-gesa dan enggan bertemu copet. tidak dianjurkan bagi mereka yang sangat taat aturan (sebel kalo ada motor naik trotoar) atau takut mepet-mepet kendaraan lain di jalur lambat. tidak dianjurkan juga untuk digunakan saat hujan. tarif tergantung kelihaian menawar. rute terserah penumpang, asal bukan jalan tol. kapasitas maksimal dua penumpang (kalo nekat). foto dari sini nih
  • bajaj
berupa kendaraan roda tiga. super bising. kapasitas maksimal empat orang. rute terserah penumpang. tingkat kemahiran mengemudi dan kenekatan sang sopir melebihi sopir metromini 75. tarif tergantung kelihaian menawar, tapi selama ini, aku ga pernah berhasil nawar kurang dari Rp 5000. sebelum naik, disarankan berdoa lebih khusyuk dan lebih panjang. karena ke mana bajaj berbelok, hanya Tuhan dan sang sopir yang tahu. sangat tidak disarankan menerima telepon dalam bajaj yang sedang melaju karena dijamin, sekeras apa pun lawan bicara berteriak, suara bajaj tetap tak tertandingi.
  • bus perumahan
bus nyaman. biasanya bagian fasilitas dari pengembang perumahan. tapi tetep aja bayar. rute dari perumahan yang bersangkutan sampai jalan utama, biasanya sudirman-thamrin-gatot subroto. ato pasang plang: feeder busway. nyaman, ber-AC, kadang dilengkapi TV. dijamin lewat tol, jadi lebih cepet. tarif jelas lebih mahal, tapi daripada macet.

bus perumahan yang pernah kucoba: transbintaro
mahal jek, Rp 10.000 boooo
bus yang susah banget ditunggunya: trans kotawisata
sekali-sekali pengen pulang dari KW naik bus, bukannya ngojek melulu
  • KRL
alias kereta listrik. kalo lagi jam sibuk, serasa kereta yang dulu dipake ngangkut pribumi sampe mati. uyel-uyelan. udah gitu, banyak orang jualan. alternatif anti-macet tapi rawan anjlok. murah meriah (jakarta-bogor cuma Rp 2000, bener ga mbak?). jangan sekali-sekali naek di atap yah. alternatif yang hanya akan kugunakan di saat terpaksa. emangnya aku dendeng apa?
  • busway
ide sutiyoso yang kontroversial. mengakibatkan penebangan pohon sepanjang jalur busway, kemacetan di jalur alternatif, berkurangnya pendapatan sopir bus umum, penyempitan jalur kendaraan lain. tapi tak pelak, kini menjadi sarana angkutan andalan. cukup nyaman, ber-AC, tapi pintu keluarnya kurang banyak. kapasitas maksimal 85 penumpang. tarif flat, Rp 3500 sejak jam 7 pagi dan Rp 2000 per jam 5-7 pagi. tapi jika ada demo, busway pun terhenti.
  • taksi
berbagai varietas eh jenis. tapi yang jelas, selalu sedan. berbagai merk. beragam tarif, mulai blue bird yang taat aturan tarif baru hingga taksi yang tarifnya tergantung penawaran. rute terserah penumpang. kapasitas maksimal sejauh ini tujuh orang (rekor kami, bcoz orangnya imut-imut). hanya dinaiki jika: (1) butuh cepet tanpa peduli kondisi dompet; (2) rame-rame jadi bayar bisa patungan; (3) dibayari kantor

taksi favorit: Gamya dan Ekspress
dah males cegat blue bird, bcoz terlalu banyak copycat
taksi paling nyebelin: prestasi.
udah taksinya juelek, sopirnya kasar. daku dimaki-maki cuma gara-gara bayar sesuai argo. padahal dah dilebihin loh
  • mobil omprengan
pernah lewat belakang plaza semanggi pas maghrib-maghrib gitu? nah kan suka ada calo teriak-teriak: bekasi. biasanya ini mobil pribadi yang dikaryakan. lumayan lah, itung-itung tambahan beli bensin. tapi kadang dia ga ngetem, becoz aku pernah naek dari UKI menuju kota wisata naek omprengan ini. dia menyabot rute mobil Elf. tarif ga jelas
  • lain-lain (bemo-koantas-kowanbisata)
warnanya kuning ato biru donker. aku pernah naek yang nomer 102 (lebak bulus-tanah abang). ga yakin namanya apa seh. tapi tarifnya sama dengan metromini. karatannya juga sama. seremnya juga sama. kalo bemo, hmm...mirip bajaj dengan sistem ala angkot


bonus: buwat yang menjadikan bus/kopaja/metromini sebagai sarana angkutan, kadang ada penyanyi berkualitas lumayan. tapi kalo lagi sial, ya copet de

pengalaman pribadi, ada pengamen nyanyi careless whisper-nya Wham. keren booooo