Posts

Showing posts from May, 2006

dukacita

jogja gempa. indonesia menangis lagi.
ribuan nyawa melayang.
dan harga mi instan ikut terbang.
jadi ingat lagu Ebiet, bahwa saat derita pun, masih ada yang ambil kesempatan.
btw, itu lagu ebiet bukan yah?
korban gempa juga butuh hiburan. itulah kenapa banyak artis datang.
kapan lagi foto bareng jeremy i-dont-know-who?

The Da Vinci Code

Image
Sinopsis:
Jacques Sauniere, kurator Museum Louvre, dibunuh. sebelum wafat, ia meninggalkan pesan berupa teka teki simbol. Robert Langdon, simbolog dari Harvard bekerjasama dengan Sophie Neveu, kriptolog DCF untuk memecahkan teka teki itu. film ini sempat menuai protes pihak gereja Katolik dan sempat diminta agar tidak ditayangkan di Indonesia.

Pemain:
Tom Hanks, Audrey Tutou, Jean Reno

Sutradara:
Ron Howard

dan....

satu, awalnya aku ga minat nonton film ini. bukannya kenapa-kenapa, aku kecewa dengan terjemahan bukunya. kurang bagus. apalagi pas baca, aku masih kerja jadi editor. udah deh, buku Da Vinci Code ku sempet tercoret pena merah di sana sini.

kedua, Fath pengen nonton ni film usai ujian. jadilah kami nonton. terlepas dari kontroversi seputar buku dan filmnya, menurutku film ini lumayan. meski model rambut Tom Hanks benar-benar mengganggu. kenapa ga dipotong cepak aja seeehh?????

ketiga, rasanya pengen menggugat jaringan bioskop 21 dan pihak terkait lainnya. ada beberapa adegan di mana…

Downfall

Image
Sinopsis:
Seiring kian dekatnya pasukan Rusia ke Berlin, Adolf Hitler dan sisa-sisa prajurit dan staf bersembunyi dalam bunker. Film ini mengisahkan hari-hari terakhir Hitler, optimismenya akan kebangkitan Jerman, kekalutan para jenderal tentang kondisi perang, dan kisah para pengikut Hitler. Film ini dibuat berdasarkan buku karya Traudl Junge, sekretaris Hitler.

Pemain:
Bruno Ganz, Alexandra Maria Lara, Corinna Harfouch, Christian Berkel, Juliane Köhler, Andre Hennicke

Sutradara:
Oliver Hirschbiegel

Dan film ini menurutku....

AMAZING!!!!

pertama, aku berencana nonton film ini tahun lalu, saat Jiffest. tapi sialnya, aku kehabisan tiket. begitu nemu DVD-nya, eh rusak. dan kmaren, setelah beli untuk yang kedua kalinya, aku bela-belain nonton sampe hampir tengah malam. 2,5 jam loh.

kedua, aku pernah membaca bahwa film ini dikritik karena "membuat Hitler tampak manusiawi." Dan memang benar. Hitler digambarkan sebagai sosok diktator di ujung kekuasaannya, kalut, cemas, pemarah, tapi juga …

angkutanetiketips

maksudnya etiket kalo lagi naik angkutan umum. setelah tentang alternatifnya, sekarang tentang etiketnya. yah ga komplit seh, tapi moga-moga memadai. makasih win atas storinya kmaren malam.

usahakan jangan cegat angkutan di sembarang tempat. kan ada halte tuh. kalo angkutannya berhenti mendadak, sopir bakal ngerem ngedadak dan penumpang ga nyaman kan? trus bisa jadi menimbulkan "bencana" bagi kendaraan lain di sekitarnya. kalo di sekitar kamu ga ada halte, paling ga kan ada satu titik tempat calon penumpang biasa ngumpul.NO SMOKING!!!! udara jakarta udah cukup kotor oleh debu dan asap buangan kendaraan yang ga lolos uji emisi tanpa harus ditambah dengan racun nikotin. jadi matikan rokok SEBELUM naik angkutan, tanpa menunggu ada penumpang yang batuk-batuk, tutup hidung, ato tegur langsung macam aku: "Pak Pak, keberatan ga kalo rokoknya dimatiin?"dan kalo kamu mendapati penumpang yang ngerokok, tegur aja. kadang bahasa isyarat ga cukup ampuh. emang enak ngisep racun?h…

geleng-geleng

tadi baca berita ini di detik.

geleng-geleng deh. ko bisa ya? tapi ya itulah manusia. bisaa aja.

ko cuma ttd nya Jibril? ga sekalian aja ttd nya Pencipta Jibril? kalo mau ngaco ya mbok jangan setengah-setengah xixixixi

dan lagi, udah jelas tidur. ko ya dibilang ruhnya diangkat ma Tuhan? abis diangkat, dibalikin lagi gitu? hebaat....kalo ruh diangkat bukannya mati yah?

huff.......misteri manusia

sekali lagi, itu masalah pilihan ko

udah malem. kamu belum makan. tapi mau makan, inget kalo jarum timbangan ke arah kanan terus. kalo ga makan, ntar maag. ya itu balik lagi kan, terserah kamu. kamu makan dengan resiko nambah chubby dikit ato ga makan dengan resiko maag.

kamu lagi boke. ada sih tabungan, tapi tanggung bulan. bentar lagi gajian. kuat-kuatin deh dengan isi dompet. eh pas jalan-jalan, ada boots keren. super duper keren deh. sialnya, meski udah sale, harganya masih super duper ga sopan. kamu bisa terus jalan dan pura-pura ga lihat itu boots sambil berusaha memaksa otak untuk melupakan bahwa kamu pernah naksir itu boots, yah meski resikonya paling malemnya ga bisa tidur. atau jebol tabungan dengan resiko ga bisa beli banyak hal lain yang udah direncanakan. atau nabung ekstra begitu gajian demi boots impian dengan resiko begitu duit cukup, bootsnya bisa jadi udah disamber orang laen.

kamu jarang jatuh cinta. dan sekali-kalinya kamu ngerasa nemu soulmate, eh si dia menolak. udah ditelpon lima ratus kali sehari, …

Zatoichi

Image
zatoichi

Sinopsis
zatoichi, si buta pemijat+pengelana+(sesekali) penjudi. tapi juga samurai yang hebat. dalam pengelanaannya, ia membantu dua geisha bersaudara, Osei dan Okinu, membalas dendam pada kelompok Ginzo yang mempekerjakan samurai hebat, Hattori. setting: jepang abad ke-19

Pemain
Takeshi Kitano, Tadanobu Asano, Michiyo Ookusu, Gadarukanaru Taka, Daigoro Tachibana, Yuuko Daike

Sutradara
Takeshi Kitano

Film ini, IMHO loh ya....
jangan ditonton kalo kamu ga tahan lihat darah atau kekerasan. baru mulai, udah adegan potong leher, tebas punggung, bacok kepala. darah di mana-mana. kereeeen *ups*

awal-awal rada bingung ama alurnya. kok tau-tau ada sepasang geisha yang bunuh kliennya sendiri? trus kok ada ronin cari kerja? ooo...ternyata mereka bakal ketemuan toh...tapi sayang, Hattori akhirnya mati. hix hix hix....huaaaaaa

pas nonton film ini, aku inget-inget semua catatan harian FOW. jadi nebak, kayanya geishanya dari Edo, bcoz sanggulnya "gepeng". kalo kyoto kan bulet. trus heran, …

Keeping Mum

Image
Sinopsis:

Walter Goodfellow, pendeta di desa kecil Little Wallop, begitu terfokus pada pekerjaannya hingga (nyaris) melupakan keluarganya. permasalahan yang berlarut-larut dalam keluarga sang pendeta berangsur hilang seiring kedatangan Grace Hawkins, pengurus rumah tangga mereka. tapi Grace juga membawa masalah lain.


Pemain:
Rowan Atkinson, Kristin Scott Thomas, Patrick Swayze, Maggie Smith

Sutradara:
Niall Johnson

IMHO:


kocak abis. ini film psikopat paling kocak yang aku pernah tonton. meski sepanjang film harus bisa melepaskan sosok pendeta Goodfellow dari Mr. Bean.

sejak awal aja, gaya psikopat Grace Hawkins alias Rosemary Jones udah lucu. pas ditanya polisi, kenapa ada mayat di kopernya, dia cuma bilang: ""itu suamiku dan selingkuhannya. aku tidak bisa diam saja tanpa berbuat apa-apa bukan?" . dalem bo.....jadi ngebayangin, kalo smua istri membunuh suami+selingkuhan mereka, kayanya penuh tuh penjara wanita he he he

trus pola hidup keluarga Mr. Bean, eh Goodfellow, juga aga a…

nanti aku.....

nanti aku mau jadi presiden aja

atau minimal jadi orang berkuasa

trus keruk duit banyak-banyak

atau jitak kepala orang seenaknya

ntar kalo ada yang ngusut atau nuntut

tinggal (alasan) sakit

gampang kan?

ntar lama-lama juga diampuni

gimana?

berita duka

huaaaa....ga bisa browsing...ga bisa chatting...ga bisa posting...


untuk pertama kalinya, aku bikin posting dari warnet...

hix hix hix


moga-moga kemelut ini segera berlalu


*lagi mikirin, seperti apa dunia tanpa internet*

satpam paling tolol

kalo kamu sedang berada di lokasi yang asing, dan kamu ga yakin harus menuju ke mana, maka ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. terus berjalan dan berusaha mencari. modal nekat dan rela nyasar
2. celingak celinguk mencari orang yang tampak tahu lokasi dan bertanya, harus ke mana untuk mencapai tempat yang kamu tuju.


kemarin, aku melakukan poin ke-2 itu dua kali. pertama di kantor Depdiknas cipete (atau Depdikbud?). dan kedua di Depdiknas Senayan. keduanya dalam rangka mengurus surat rekomendasi mutasi untuk ayahku, mutasi yang sebenarnya sudah terjadi lebih dari tiga tahun silam tapi urusan administrasinya terhambat oleh sistem Depdiknas yang carut marut.


di kantor Cipete, aku bermaksud bertemu Ibu D. setelah tanya satpam, aku sampai di salah satu gedung. pas masuk, lho kok kosong? aku coba masuk salah satu ruangan dan dapat informasi bahwa Ibu D sekarang berkantor di Senayan.

aku: kalau boleh tahu, beliau di gedung yang mana?
staf A: ya mbak dateng aja ke senayan, terus …

alternatif bepergian di jakarta

Image
bulan april 2003, untuk pertama kalinya aku ke jakarta sendirian. dijemput sama ibu cantik satu ini di gambir, trus nginep di tempat beliau selama aku wawancara.


dan setelah tiga tahun di kota-macet-bising-berdebu-tapi-kadang-menyenangkan ini, aku belajar beberapa cara untuk bepergian yang udah perna aku coba.


angkotkaya angkot di kampung halaman, warnanya macem-macem. tapi yang paling umum warna biru muda, merah jreng, dan putih. rutenya kebanyakan di daerah perumahan, bcoz sejauh ini aku ga perna nemu angkot seliweran di thamrin ato sudirman. ongkos rata-rata Rp 1500-Rp 2500 sekali jalan. kapasitas maksimal rata-rata lima belas penumpang (termasuk yang gelandutan di pintu)

angkot favorit: S11 jurusan lebakbulus-pasar minggu.
bcoz jarang ngetem (berdasarkan pengalaman) dan ga berlambat-lambat

angkot dengan rute paling nggelibet: S14 jurusan lebakbulus-petukangan (kalo g salah, nomernya 14)
ampun-ampunan rutenya. lewat jalan-jalan tikus ga jelas. gara-gara lagi pengen nyasar, akhirnya aku n…